Putri Kusuma Wardani
BERPRESTASI: Tunggal putri andalan Indonesia, Putri Kusuma Wardani, setelah memastikan gelar pada Spain Masters 2021. Pada partai puncak, dia mengalahkan Line Christophersen dari Denmark. FOTO: IST/PBSI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Nama Kota Depok kembali harum di tingkat Internasional. Kali ini, pebulutangkis Nasional di nomor tunggal putri, Putri Kusuma Wardani yang merupakan warga Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari menjadi Juara pada kejuaraan Spain Master 2021.

Putri Kusuma Wardani berhasil mengangkat trofi kemenangan setelah menumbangkan tunggal putri Denmark, Line Christophersen, yang berlangsung di Palacio de Deportes Carolina Marin, Spanyol, Minggu (23/5) malam WIB.

Tidak hanya itu, Indonesia juga meraih juara di nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Indonesia hanya gagal meraih gelar di nomor tunggal putra setelah Chico Aura Dwi Wardoyo takluk dua gim langsung dari unggulan kedua, Toma Junior Popov (Perancis).
Di nomor tunggal putri, Indonesia meraih gelar berkat penampilan apik Putri Kusuma Wardani. Pebulu tangkis yang akrab disapa Putri KW itu mengalahkan unggulan ketiga asal Denmark, Line Christophersen, lewat dua gim langsung.

Kemenangan atas Line Christophersen membuat Putri KW memborong sederet catatan memukau. Dia menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang menjuarai gelar BWF World Tour dalam dua tahun terakhir. Ini juga menjadi gelar BWF World Tour pertama Putri KW yang kini menempati rangking 200 dunia. Selama berjuang di Spain Masters 2021, Putri KW tampil gemilang dengan menumbangkan unggulan ketiga, keempat, dan kelima. Putri KW masih berusia 18 tahun saat mengukir semua catatan memukau tersebut.

Selanjutnya, di nomor ganda putra, Indonesia meraih gelar lewat perjuangan keras Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Pada partai puncak Spain Masters 2021, mereka menumbangkan sesama wakil Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani. Duel Pramudya/Yeremia vs Sabar/Reza berlangsung sengit dan berakhir lewat drama rubber game berdurasi 51 menit. Sebelum menang atas Sabar/Reza, Pramudya/Yeremia sempat mengalahkan unggulan pertama dari Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, di semifinal. Langkah serupa juga diukir oleh duet Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani yang mempersembahkan gelar di nomor ganda putri.

Mereka juga mampu mengalahkan unggulan pertama dari Denmark, Amalie Magelund/Freja Ravn, saat berjuang di partai puncak. Yulfira/Febby mengalahkan Amalie/Freja lewat dua gim langsung dengan durasi pertandingan 46 menit. Terakhir, Indonesia berhasil merengkuh gelar di nomor ganda campuran berkat aksi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. Sepanjang turnamen, Rinov/Pitha yang berstatus unggulan pertama tampil menjanjikan.

Mereka selalu menang dua gim langsung dari babak pertama hingga final Spain Masters 2021. Pada partai puncak, Rinov/Pitha menang dua gim langsung atas unggulan kedua, Niclas Nohr/Amalie Magelund. Rinov/Phita hanya membutuhkan 39 menit untuk mengakhiri perlawanan wakil Denmark tersebut. Itu adalah durasi pertandingan tercepat kedua dalam rangkaian final Spain Masters 2021. Adapun durasi pertandingan tercepat diukir oleh Putri Kusuma Wardani yang mengalahkan Line Christophersen dalam 35 menit.

Terkait keberhasilan Putri Kusuma Wardani, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengucapkan rasa syukur, karena masih banyak anak muda Kota Depok yang mengharumkan Tanah Air. Prestasi tersebut juga menjadi motivasi bagi seluruh anak muda di Kota Depok.

“Sebagai Wakil Walikota saya ucapkan selamat atas kemenangan Putri Kusuma Wardani. Kami bangga atas prestasi yang diraihnya,” ungkap Imam kepada Radar Depok, Minggu (23/5).

Selain itu lanjut Imam, hasil torehan ini membuat bangga kedua orang tua Putri. Karena mendukung penuh segala proses perjuangan sang anak, hingga berhasil meraih prestasi di tingkat internasional. “Teruslah mengasah kemampuan dengan tekun dan berlatih, serta tidak lupa memanjatkan doa, agar Allah SWT menjaga prestasi dan selalu meridhoi kesuksesan Putri,” ucap Imam.

Senada, Ketua Umum KONI Kota Depok, Amri Yusra mengaku, sangat bangga atas prestasi yang telah diraih Putri Kusuma Wardani di ajang Spains Master 2021.

“Ada orang Depok berprestasi tentunya itu sebuah kebanggaan bagi kita semua. Kalau tidak salah dia ikut sebuah klub besar di Jakarta, Exist,” tutur Amri kepada Radar Depok, Minggu (23/5).

Ia berharap, pembinaan para atlet baik di tingkat daerah maupun nasional dapat terus ditingkatkan. Terutama bagi yang memiliki bakat serta potensi, dapat dibina dengan baik. Agar banyak lagi atlet asal Kota Depok yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

“Saya yakin dengan tekad dan kerja keras prestasi akan selalu diraih,” pungkasnya. (rd/arn/kcm/**)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR