Pelajar Peserta JKN KIS
RASAKAN MANFAAT: Seorang pelajar Kota Depok yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, Okan Andika mengaku, telah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat di fasilitas kesehatan. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Okan Andika, salah seorang pelajar asal Kota Depok yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS mengaku acap kali telah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat di fasilitas kesehatan.

Okan mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur dengan hadirnya Program JKN-KIS. Menurutnya, Program JKN-KIS telah memberikan kemudahan bagi dirinya untuk dapat berobat.

Dirinya yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar pada salah satu sekolah menengah atas di Kota Depok, belum memiliki penghasilan sendiri. Sehingga harus bergantung pada orang tuanya untuk kebutuhan hidupnya. Namun dengan adanya Program JKN-KIS, kini ia dapat mengurangi beban orang tuanya. Khususnya untuk biaya pelayanan kesehatannya saat jatuh sakit.

“Berkat berobat sebagai pasien JKN-KIS, orang tua saya tidak perlu pusing lagi masalah biaya pengobatan saya. Jika berobat sebagai umum, pasti orang tua saya akan kesulitan karena biaya untuk berobat mahal. Jadi Program JKN-KIS bagi saya dan keluarga membawa manfaat yang sangat besar,” ujar Okan, Kamis (29/4).

Lebih lanjut, Okan juga mengungkapkan bahwa ia juga merasa bangga menjadi peserta JKN-KIS. Menurutnya dengan menjadi peserta JKN-KIS, ia secara tidak langsung membantu hidup orang lain. Hal itu dikarenakan iuran yang ia dan keluarganya bayarkan selagi sehat dapat digunakan untuk membantu orang lain yang sedang sakit. Sehingga dapat menjadi ladang amal bagi dirinya dan keluarganya.

“Sejak kecil saya memang diajarkan oleh orang tua saya untuk selalu tolong menolong. Jadi saya tentu tidak akan merasa rugi jika keluarga saya rutin membayar iuran. Saya sadar bahwa iuran yang kami bayarkan, sangatlah berarti bagi hidup orang lain. Lagipula jika suatu saat saya membutuhkan untuk berobat, maka saya juga akan dibantu berobat dengan iuran peserta JKN-KIS lainnya,” ujar Okan.

Terakhir Okan mengucapkan terima kasih atas manfaat Program JKN-KIS yang telah ia rasakan. Menurutnya dari beberapa pengalamannya berobat menggunakan kartu JKN-KIS, ia selalu memiliki pengalaman baik. Pengobatannya selalu berjalan lancar tanpa ada kendala yang ditemui. (DT/mr)

Editor: M. Agung HR