vaksinasi lansia
SEHAT : Salah satu peserta vaksinasi sedang melakukan penyuntikan vaksinasi, di RS UI Depok, beberapa waktu lalu. FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) memperpanjang program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, yang ditujukan untuk warga lanjut usia atau lansia, dengan periode 24 Mei-23 Juli 2021 mendatang.

Direktur Utama RS UI, Astuti Giantini mengatakan, di RS UI sendiri terdapat dua lokasi vaksinasi bagi lansia, antara lain di Klinik Vaksin Gedung Entrance RS UI Lantai satu, serta bisa dapat melalui drive thru atau layanan tanpa turun (lantatur).

Untuk layanan vaksin drive thru sendiri atau lantatur dilakukan di Gedung Parkir RS UI,” tuturnya kepada Radar Depok, (28/5).

Namun, dia menyebutkan, dalam layanan drive thru, kuota perjamnya terbatas, serta hanya bisa bagi kendaraan roda empat saja.

Maka dari itu, untuk layanan drive thru, masyarakat mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk bisa memilih jam kedatangan. Jika sudah full maka bisa memilih di waktu atau jam lain,” bebernya.

Syarat dan ketentuan bagi lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi antara lain, berusia minimal 60 tahun, membawa KTP, peserta mendaftarkan diri terlebih dahulu di link yang sudah disediakan, wajib membawa bukti pendaftaran yang akan diverifikasi ulang oleh petugas nantinya.

Kemudian dipastikan peserta vaksin dalam keadaan sehat, peserta menerapkan protokol kesehatan (prokes), serta menggunakan baju yang longgar untuk memudahkan penyuntikan vaksin,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, bagi peserta vaksin yang memiliki penyakit kronis, dianjurkan membawa surat kelayakan untuk divaksinasi dari dokter.

Terpisah, Humas RS UI, Kinanti mengatakan, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit adalah program swadaya yang diinisiasi XL Axiata, UI, dan RS UI, bersama dengan para mitra.

Program ini juga bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemrov Jabar), Pemerintah Kota Depok (Pemkot Depok) dan didukung oleh mitra lainnya,” tuturnya singkat. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro