sidak
TINJAU LOKASI : Kasi Trantib Kecamatan Beji, Samsu sedang meninjau saluran yang dibeton warga. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PONDOK CINADi tengah upaya Pemerintah Kota Depok mengatasi banjir langganan di sekitar Jalan Raya Margonda, yang masuk ke dalam wilayah Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji. Masih ada saja masyarakat yang bersikap apatis bahkan cenderung menyulitkan langkah pemerintah untuk mengentaskan masalah banjir.

Salah satunya adalah perbuatan tak terpuji yang dilakukan seorang warga pemilik toko di RT02/08, Kelurahan Pondok Cina. Warga tersebut tanpa merasa berdosa mengecor sebuah saluran utama di lingkungan itu dengan beton tebal. Tujuannya tak lain untuk menambah lahan parkir toko miliknya.

Tak tinggal diam, aparatur Satpol PP Kecamatan Beji , langsung mendatangi lokasi untuk mengkroscek laporan masyarakat setempat tentang adanya saluran yang dicor.

Benar ada saluran yang dicor. Petugas kami langsung ke lokasi untuk mengeceknya,” kata Plt Camat Beji, Endar Pradesa, Minggu (2/5).

Ia menuturkan, setelah datang ke lokasi, pihaknya langsung memberikan teguran kepada pemilik toko karena telah melanggar aturan pemerintah. Mereka dengan tegas memerintahkan pemilik toko untuk membongkar coran di saluran itu. Lokasi saluran yang dicor dekat Stasiun Pondok Cina,” bebernya.

Dia mengungkapkan, pemberian teguran itu juga melibatkan petugas dari Stasiun Pondok Cina. “Setelah ditegur pemilik berjanji akan membongkar saluran itu,” terangnya.

Kata dia, masyarakat harus peduli akan keberadaan saluran, karena saluran salah satu penahan banjir, jika saluran dibeton dikhawatirkan sampah akan menyumbat dan mengakibatkan aliran air meluap ke luar. “Jangan lagi ada pengecoran saluran air di Beji, ini untuk kepentingan kita bersama,” pungaksnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro