Beranda Metropolis Urus Adminstrasi di ADM Langsung Cetak, Disdukcapil Rencanakan Buka Gerai Ke Tiga 

Urus Adminstrasi di ADM Langsung Cetak, Disdukcapil Rencanakan Buka Gerai Ke Tiga 

0
Urus Adminstrasi di ADM Langsung Cetak, Disdukcapil Rencanakan Buka Gerai Ke Tiga 
MUDAH: Salah satu petugas Disdukcapil Kota Depok, Lukman Hakim saat membantu masyarakat yang mencetak dokumen kependudukan, di Detos Mal, Jumat (7/5). FOTO : PUTRI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok terus berupaya memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Seperti contohnya saat ini, masyarakat sudah bisa mencetak dokomen kependudukannya di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang terletak di dua titik di Kota Depok.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyatti mengatakan, saat ini Kota Depok telah memiliki dua ADM yang bisa digunakan masyarakat untuk mencetak dokumen kependudukannya. “Kami sudah punya dua mesin ADM, yang satu ada di Kecamatan Bojongsari dan satu lagi ada di Detos Mal,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (9/5).

ADM sudah beroperasi dengan bantuan satu petugas di Detos Mal, yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mencetak dokumen kependudukan. “Saat ini petugas Disdukcapil Depok bertugas setiap hari kerja, mulai pukul 10:00 WIB sampai 15:00 WIB,” bebernya.

Dokumen kependudukan yang bisa dicetak di ADM antaralain KTP, Kartu Indonesia Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), serta akta kelahiran. Masyarakat yang ingin mencetak dokumen kependudukannya di ADM, bisa melakukan pendaftaran di layanan Whatsapp Disdukcapil Kota Depok terlebih dahulu, atau melalui kelurahan masing-masing. “Nanti pasti ada pilihan, mau mencetak sendiri di ADM atau melalui Disdukcapil Kota Depok ataupun kelurahan,” jelasnya.

Jika masyarakat memilih untuk mencetak dokumen kependudukan di mesin ADM, masyarakat harus mengisi nomor handphone beserta alamat email. “Kemudian nanti di email akan dikirimkan dua pesan, yang berisi barcode. Satu untuk login dan satu lagi untuk pencetakan,” sambungnya.

Dia berharap, dengan adanya mesin ADM masyarakat Kota Depok bisa semakin mudah dalam mencetak dokumen kependudukan, kapan saja. “Karena sebenarnya, tanpa petugas pun mereka bisa mencetak sendiri. Sementara ini, petugas yang ada bisa membantu masyarakat jika mengalami kesulitan,” ungkapnya.

Kemudian, dengan didapatkannya penghargaan Dukcapil BISA pada kinerja terbaik di 2020, Kota Depok akan diberi hadiah satu mesin ADM dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Nanti mesin ADM yang baru akan ditempatkan di kantor Kecamatan Cinere,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu petugas Disdukcapil Kota Depok yang berada di Detos Mal, Lukman Hakim mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap mesin ADM ini sangat tinggi. “Tidak hanya yang ingin mencetak, bahkan yang lewat di Mal suka bertanya juga ke kami penjaga di sini,” tuturnya kepada Radar Depok.

Dalam satu hari, biasanya terdapat 20 orang yang mencetak dokumen kependudukan. “Di sini juga dipastikan blanko selalu ada, karena setiap sebelum pulang saya mengeceknya terlebih dulu,” pungkasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar