Beranda Metropolis Wakil Walikota : Warga Jangan Konsumtif, Sementara Harga Bahan Pokok Stabil Daging Naik

Wakil Walikota : Warga Jangan Konsumtif, Sementara Harga Bahan Pokok Stabil Daging Naik

0
Wakil Walikota : Warga Jangan Konsumtif, Sementara Harga Bahan Pokok Stabil Daging Naik
STABIL: Salah satu pedagang cabai Pasar Agung Kota Depok, saat sedang mengambil cabai rawit, Minggu (9/5). FOTO : PUTRI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sudah menjadi hal lazim warga berbondong-bondong membeli pakaian dan makanan saat menjamu hari kemenang. Hanya saja, disaat pandemi Covid-19 kebiasaan tersebut harus dikurangi. Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono meminta masyarakat Kota Depok untuk tidak berbelanja secara berlebihan.

Kepada Harian Radar Depok, Imam menyebut, Imam jangan berbelanja secara berlebihan atau konsumtif, apalagi menimbun, karena menurutnya bahan pokok di Kota Depok masih cukup. “Jadi, berbelanjalah sewajarnya, jangan sampai berlebihan,” ujarnya.

Sejauh ini, harga bahan pokok yang diperdagangkan di Kota Depok saat ini masih bisa dibilang stabil, kecuali harga daging yang mulai naik, namun masih dalam kisaran yang wajar. “Harga bahan pokok saat ini masih stabil, jika memang ada gejolak harga yang tidak wajar, nanti kami akan ambil langkah-langkah antisipasinya,” tutur Imam kepada Radar Depok, Minggu (9/5).

Lebih lanjut, stabilnya harga yang dimaksud Imam adalah di lima pasar tradisional yang dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Seperti Pasar Agung, Pasar Musi, Pasar Tugu, Pasar Sukatani, dan Pasar Cisalak.

Selama bulan Ramadan, menurutnya Pemkot akan terus memantau kestabilan harga setiap harinya. “Selama bulan puasa ini kami akan pantau terus. Dan alhamdulillah, stok bahan pokok dan sembako sampai sekarang cukup,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bagian Ekonomi Sekretariaf Daerah Kota Depok, Wahid Suryono menambahkan, jika nanti masih terjadi kenaikan harga, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian untuk menggelar operasi pasar.

“Operasi pasar dilakukan dalam rangka menjaga kestabilan harga bahan pokok yang ada di pasaran,” tuturnya.

Dia juga mengajak perusahaan serta masyarakat untuk bersama-sama mengadakan pasar murah di wilayah Kota Depok. “Harga sejumlah bahan pokok yang dijual di sejumlah pasar tradisional di Kota Depok, masih stabil dibandingkan dengan harga bahan pokok pada awal Ramadan,” ungkapnya.

Sementara, salah satu pedagang cabai di Pasar Kemiri Muka, Marsinah mengatakan, saat ini harga cabai mulai mengalami kenaikan lagi. “Kemarin kan sempat turun, terus sudah mulai stabil lagi. Namun, sekarang naik lagi karena mau lebaran. Kenaikannya tidak terlalu tinggi seperti sebelumnya,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Radar Depok, harga bahan pokok di Pasar Agung, daging sapi murni Rp150.000, cabai rawit merah Rp70.000, cabai merah keriting Rp60.000, kentang Rp18.000.  Sedangkan di Pasar Kemiri Muka, harga daging sapi murni Rp135.000, cabai rawit merah Rp60.000, cabai merah keriting Rp45.000, dan kentang Rp16.000.(rd/dis)

Tentang Harga di Pasar Tradisional Depok :

Pasar Agung

  • Daging sapi: Rp150.000
  • Cabai rawit merah: Rp70.000
  • Cabai merah keriting: Rp60.000
  • Kentang: Rp18.000
  • Telur: Rp23.000

Pasar Kemiri Muka

  • Daging sapi: Rp135.000
  • Cabai rawit merah:Rp60.000
  • Cabai merah keriting: Rp45.000
  • Kentang: Rp16.000
  • Telur: Rp22.000

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar