ODGJ vaksinasi
SEHAT : Salah satu ODGJ mendapatkan vaksinasi Covid-19. ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok mulai memberikan vaksinasi kepada para Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas. Pelaksanaan vaksinasi tersebut sudah dimulai sejak Kamis (3/6). Sejauh ini, sudah ada sebanyak 12 ODGJ yang divaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ODGJ berlangsung di Puskesmas wilayahnya masing-masing.

Kami sementara mendapat data ODGJ ada sebanyak 150 dari Dinas Sosial (Dinsos). Dan kami targetkan 150 ODGJ ini bisa divaksinasi Covid-19. Saat ini sudah ada 12 ODGJ yang divaksin,” tuturnya kepada Radar Depok, (4/6).

Dia menjelaskan, ODGJ termasuk ke dalam orang yang rentan terpapar Covid-19, karena mereka tidak mengerti cara menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak.

Maka dari itu, ODGJ adalah salah satu orang yang diutamakan dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19,” bebernya.

Sampai dengan sekarang, ODGJ hanya bisa melakukan vaksinasi di puskesmas atau fasilitas kesehatan (faskes) yang berada di wilayahnya. Belum terpikirkan untuk melakukan vaksinasi door to door ke kediaman ODGJ.

Karena kalau kami melakukan secara door to door kan tidak mungkin, takut ada efek setelah divaksin. Sementara kalau di faskes sudah ada ruangan untuk penolongan pertamanya. Kami maunya mereka datang ke faskes,” tambah Novarita.

Novarita juga menayampaikan, kedepannya kemungkinan akan mendapatkan data terbaru dari Dinsos, yang kemudian akan ditindaklanjuti untuk vaksin. “Sementara ini kami baru dapat data ODGJ. Untuk penyandang disabilitasnya belum,” sambungnya.

Setelah mendapatkan data dari Dinsos, Novarita mengaku akan menghubungi pihak keluarga ODGJ untuk menjadwalkan kedatangan vaksinasinya.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitas Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, Dinsos Kota Depok sudah merekap data yang akan diberikan kepada Dinkes Kota Depok. “Datanya akan kami berikan pada Senin besok,” tuturnya.

Nita menjelaskan, Dinsos Kota Depok bertugas untuk memberikan data saja. Terkait pelaksanaannya, ada di Dinkes. “Kami memberikan data saja. Terkait pelaksanaannya, Dinkeslah yang punya wewenang,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro