rumput hias di halaman
Rumput hias di taman.

RADARDEPOK.COM – Keberadaan taman, tidak hanya mempercantik dan menghijaukan rumah saja, tetapi menjadi salah satu cara menyalurkan hobi mengoleksi tanaman hias. Jika dilengkapi dengan rumput, suasana taman pasti semakin asri dan menyenangkan dilihat.

Rumput hias efektif untuk meningkatkan suasana asri. Secara teknis, rumput berfungsi untuk menutupi area kosong pada taman. Memilih rumput sebagai opsi utama jelas lebih menguntungkan karena terlihat lebih cantik, terutama rumput hias.

Namun, saat memilih rumput untuk taman rumah, tidak bisa dilakukan secara sembarang. Kesalahan pemilihan akan membuat desain taman terlihat kurang cantik dan kurang rapi.

Dilansir dari sumber The Spruce, berikut ini tips memilih tanaman hias rumput untuk di taman rumah.

1. Pertimbangkan Desain Rumput

Di area yang di pilih untuk menanam rumput hias, pertimbangkan kriteria berikut untuk membantu memilih varietas yang akan ditanam.

Sebagai tanaman spesimen

Sebagian besar rumput hias akan menjadi tanaman spesimen atau titik fokus yang mencolok. Jika menginginkan kebutuhan seperti ini, sebaiknya memilih jenis rumput yang memiliki dedaunan atau bentuk yang akan melengkapi taman rumah. Pilih jenis rumput dengan warna daun beraneka ragam atau warna kehijauan dan biru.

Tahan Cuaca

Bila menginginkan tanaman yang tahan terhadap musim dingin lebih lama, pilihlah jenis rumput dengan daun yang lebih kaku, seperti rumput switch (Panicum) dan rumput indian (Sorghastrum nutans). Jenis ini bertahan lama di musim dingin dibandingkan rumput berdaun lembut, seperti Miscanthus.

Mempertimbangkan Rumput yang Menjulang Tinggi

Jika menyukai rumput hias yang menjuntai tinggi dan berdiri tegak seperti air mancur, jenis rumput indian bisa dicoba, seperti Miscanthus (Miscanthus x giganteus) yang tumbuh setinggi 12 kaki.

2. Rumput Hias Musim Dingin

Rumput musim dingin mulai tumbuh di awal musim semi. Umumnya, rumput musim dingin memiliki warna paling cerah saat mereka aktif tumbuh di musim semi. Sementara di musim panas, rumput musim dingin akan berbunga. Saat berbunga, pertumbuhan daun melambat.

Meskipun mereka dapat tetap menarik selama akhir musim panas, namun lama-kelamaan warnanya berangsur-angsur pudar. Rumput musim dingin sangat cocok untuk taman dengan musim tanam yang pendek.

Beberapa tanaman hias rumput yang paling menarik adalah varietas musim dingin, seperti autumn moor grass (Sesleria), blue fescue (Festuca glauca), blue oat grass (Helictotrichon sempervirens), feather reed grass (Calamagrostis), dan tufted hair grass (Deschampsia cespitosa).

3. Rumput Hias Musim Hangat

Berbanding terbalik dengan rumput hias musim dingin yang mulai tumbuh pada awal musim semi, rumput hias musim hangat justru lambat tumbuh pada musim semi. Kebanyakan rumput hias musim hangat, baru akan tumbuh setelah musim semi berakhir.

Rumput hias musim hangat juga akan berbunga lebih lambat dibandingkan rumput hias musim dingin saat musim panas tiba. Namun, rumput hias musim hangat pun juga bisa bertahan terhadap panas, kelembapan, dan kekeringan dengan baik.

Banyak rumput hias yang banyak ditanam adalah jenis yang musim hangat, seperti big bluestem (Andropogon gerardii), dropseed (Sporobolus heterolepis), fountain grass (Pennisetum), indiangrass, dan maiden grass (Miscanthus sinensis).

4. Rumput Hias Rumpun (Clump-Forming Ornamental Grasses)

Rumput rumpun yang sering disebut rumput hias adalah sekelompok tanaman yang kita cintai, dan bukan satu spesies, bahkan genus. Rumput yang menggumpal hadir dalam berbagai ukuran dan warna, menjadikan tekstur taman yang unik dan menakjubkan.

Rumput yang menggumpal akan berkembang seiring waktu, tetapi mereka cenderung tetap berada di gundukan yang rapi daripada menyebar ke seluruh taman. Meskipun beberapa rumput rumpun juga akan menyemai sendiri, namun mereka jarang menjadi invasif, contohnya fescue (Festuca), miscanthus, fountain grass (Pennisetum), maiden grass (Miscanthus sinensis), dan switch grass.

5. Rumput Hias yang Menyebar (Ornamental Grasses That Run)

Berbeda dengan kebiasaan rumput hias rumpun yang rapi, rumput hias yang tumbuh dengan rimpang justru akan menyebar di seluruh area taman. Namun, ini adalah jenis yang cocok sebagai penutup tanah.

Contoh tanaman hias rumput yang menyebar adalah liriope (Liriope spicata) dan rumput mondo (Ophiopogon japonicus) sering digunakan sebagai penutup tanah.

Menanam rumput yang tumbuh dengan rimpang dalam wadah adalah pilihan yang baik jika ingin menambahkannya ke dalam koleksi tanaman hias dekorasi di taman tanpa takut menjadi invansif. Misalnya, blue lyme grass (Elymus arenarius), ribbon grass (Phalaris arundinacea), dan banyak varietas Calamagrostis dan Carex. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya