pembuatan septictank di rangkapanjaya
PERDANA: Pengerjaan Program Sandes Padat Karya 2021 di wilayah RW1, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kamis (10/06). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, RANGKAPAN JAYA – Program Sanitasi Desa (SanDes) Padat Karya 2021 di Kelurahan Rangkapanjaya sudah memulai proses pembuatan septictank. Terdapat 50 unit sanitasi dan tiga bilik kamar mandi dari 65 KK yang ditargetkan selesai dalam jangka waktu tiga bulan.

Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Rangkapan Jaya, Ru’yat Suhada mengatakan, SanDes Padat Karya merupakan program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melalui Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di masyarakat dengan memiliki septictank yang layak.

“Program ini sejak Maret 2021 sudah disosialisasikan kepada masyarakat penerima manfaat. Jumlah sanitasi yang akan dibangun sebanyak 50 unit dari 65 KK di Kelurahan Rangkapanjaya. Pengerjaan dimulai dari hari ini,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (10/06).

Kata dia, selain septictank, ada pula tiga bilik kamar mandi yang akan dibangun. Pemerintah pusat pada program tersebut. Dana yang digulirkan tiap kelurahan mencapai Rp 500 Juta.

“Karena warga ada yang belum punya kamar mandi, jadi kita buatkan bilik itu. Ukuran Septictank dan bilik bervariasi, paling kecil, panjangnya 1.3 x 1 meter dengan kedalaman rata-rata 1.5 meter,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya memiliki waktu tiga bulan untuk menyelesaikan pembangunan program Sandes Padat Karya 2021. Diharapkan pengerjaan dapat selesai sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan.

“Mudah-mudahan adanya bantuan ini dapat membuat lingkungan menjadi ramah dan tidak ada lagi masyarakat yang membuang feses sembarangan. Sehingga, tidak timbul pencemaran udara maupun air,” tukasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya