dirut RSUD tentang DBD
Direktur RSUD Kota Depok, Devi Mayori.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di RSUD Kota Depok setiap bulannya mengalami kenaikan, walaupun kenaikannya tidak signifikan. Ada sebanyak 70 pasien DBD di RSUD Kota Depok terhitung sejak 1 Januari sampai 23 Juni 2021.

Direktur RSUD Kota Depok, Devi Mayori merincikanny, pada Januari ada tiga pasien, Februari dua pasien, Maret 10 pasien, April 14 pasien, Mei 22 pasien, dan Juni ada 19 pasien.

Dirinya mengaku, dalam seminggu terakhir tingkat keterisian tempat tidur RSUD mengalami kenaikan. Dan sesuai yang diperintahkan oleh Walikota Depok, terdapat penambahan tempat tidur untuk pasien virus Korona (Covid-19).

“Maka dari itu, dokter yang menangani penyakit dalam, termasuk DBD sudah dialihkan menangani Covid-19. Sementara untuk yang pasien DBD kami hanya ada di IGD, kalaupun perlu penanganan lanjut akan kami rujuk,” tuturnya kepada Radar Depok, Kamis (24/06).

Menurutnya, pencegahan DBD harus dilaksanakan dengan preventif. Jangan sampai nyamuk sudah ada, masyarakat baru bingung untuk melakukan caranya. Maka dari itu, masyarakat harus mencegah agar nyamuk tidak ada atau tidak bertelur.

“Harus memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk. Salah satunya menguras tempat air tempat si jentik. Intinya lakukan 3M. Bisa dilakukan rutin seminggu sekali,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya