bpjs rilis
Warga Kota Depok, Dea Maulida

RADARDEPOK.COM – Seiring dengan berjalannya waktu, layanan berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS menjadi semakin bagus. Terbukti dari pengobatan di fasilitas kesehatan yang didominasi oleh masyarakat yang berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Begitu juga yang dialami oleh Dea Maulida.

Perempuan yang kerap disapa Dea tersebut mengungkapkan, dia telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2017 lalu. Sejak saat itu, ia telah beberapa kali merasakan berobat dengan menggunakan Kartu JKN-KIS miliknya. Mulai dari pengobatan asma di rumah sakit hingga melakukan persalinan di Puskesmas.

“Sejak terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, maka ketika sakit saya selalu menggunakan kartu JKN-KIS saya untuk berobat. Dan kalau dari pengalaman saya selama ini berobat pakai Kartu JKN-KIS, saya merasa pelayanannya bagus. Saya tidak ada keluhan sama sekali terkait pelayanan yang diberikan. Justru saya merasa semakin kesini pelayanannya semakin bagus,” ujar Dea, kepada Harian Radar Depok, Minggu (6/6).

Lebih lanjut, Dea mengungkapkan, prosedur untuk berobat menggunakan kartu JKN-KIS tidaklah sulit. Cukup dengan memperlihatkan kartu JKN-KIS kepada petugas pendaftaran untuk dicek datanya. Selanjutnya sudah dapat langsung menunggu antrean untuk dilayani oleh dokter.

Sekarang untuk berobat bahkan tidak perlu mengantre di Puskesmas. Untuk mendaftar berobat sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN. Jadi bisa ambil nomor antrean berobat dari handphone. Semakin mudah dan tidak perlu menunggu lagi, karena bisa diketahui kapan waktunya akan dilayani oleh dokter. “Jadi tidak perlu cepat-cepat lagi ke Puskesmas. Estimasi waktu perjalanan sudah bisa diperkirakan. Hal seperti itu juga sangat penting pada kondisi saat ini. Dengan model layanan seperti itu, dapat mengurangi resiko terpapar virus Covid-19,” ujar Dea.

Dea berharap agar kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat yang berobat dengan menggunakan Kartu JKN-KIS terus dipertahankan. Bahkan lebih baik lagi jika terus ditingkatkan. Ia pun mengapresiasi dan mendukung penuh pengembangan layanan berbasis digital untuk berobat dengan menggunakan Kartu JKN-KIS. Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi digital dalam memberikan layanan kepada peserta JKN-KIS, dapat memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS. Hal itu pun dapat membuat para peserta JKN-KIS merasa puas dengan layanan yang diberikan. (rd)

Editor : Fahmi Akbar