Puskeswan Depok
PELAYANAN : Dokter di Puskeswan Kota Depok saat sedang melayani salah satu hewan pasien, beberapa waktu lalu. FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ternyata keberadaan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kota Depok sangat dibutuhkan, khususnya yang memiliki peliharaan.

Meski sempat tidak memberikan pelayanan pasif akibat pandemi korona, namun tetap memberikan layanan aktif ke wilayah tertentu, berdasarkan kebutuhan dan laporan yang masuk. Nah sekarang, Puskeswan Kota Depok telah membuka kembali layanan pasifnya di puskeswan.

Kepala Dinas Ketananan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, puskeswan sudah kembali beroperasi dalam melayani masyarakat. Pelayanan dibuka setiap hari Senin sampai Kamis, pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai.

Kami melihat antusias masyarakat sangat baik dengan adanya Puskeswan. Namun, karena sedang pandemi Covid-19 maka dalam satu hari kami batasi berapa pelayanan,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (4/6).

Dia menjelaskan, dalam satu hari pelayanan dibatasi hanya sebanyak 20 pengunjung atau pasien saja. Hal tersebut dilakukan guna menerapkan protokol kesehatan (prokes) di kawasan Puskeswan. Kemudian, satu pasien tidak boleh mengajak orang lain, atau ada yang mengantar, serta dilarang membawa anak di bawah umur.

Masing-masing pengunjung atau pasien sudah dijadwalkan dulu jamnya, sebelum kedatangan,” jelasnya.

Masyarakat yang ingin memeriksakan hewannya di Puskeswan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, minimal H-1 sebelum kedatangan. Fungsi pendaftaran tersebut adalah untuk pengaturan jam kedatangan saat hari H.

Sementara, Kepala UPT Puskeswan Kota Depok, Aresa mengungkapkan, antusias masyarakat Kota Depok semakin hari semakin baik dengan adanya Puskeswan. “Alhamdulillah karena antusiasme masyarakat yang sangat baik, maka pihak kami juga menjadi semangat dalam pelayanan,” tuturnya.

Dia membeberkan, binatang atau hewan peliharaan yang diperiksa di Puskeswan sangat beragam. Mulai dari kucing, anjing, kelinci, burung, ular, dan sebagainya. “Namun, memang lebih banyak kucing bisa 90 persen,” tambahnya

Terpisah, salah satu pasien yang datang ke Puskeswan, Hani mengatakan, sangat senang dengan adanya keberadaan Puskeswan di Kota Depok. “Alhamdulillah, karena di sini tidak dipungut biaya apa pun,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (4/6).

Dia berharap, semoga kedepannya pelayanan yang ada Puskeswan Kota Depok bisa semakin lengkap. Seperti adanya rawat inap bagi hewan dan lainnya. “Sudah baik pelayanannya, kemudian diterapkan prokes juga, semoga semakin baik kedepannya,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro