Kolecer Diskarpus Depok masih ditutup
LITERASI: Masyarakat Kota Depok saat sedang membaca di Kolecer Taman Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, pada 2020 lalu. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok belum bisa membuka Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) yang ada di beberapa taman Kota Depok. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Walikota Depok tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, pihaknya belum bisa membuka Kolecer, karena sesuai aturan Walikota Depok yang belum membolehkan taman untuk buka, guna menghindari penyebaran Covid-19.

“Kami tergantung dari tim Covid-19 Kota Depok. Karena perpustakaan ataupun Kolecer salah satu yang ditutup, karena khawatir datangnya orang membuat kerumunan,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (27/6).

Chaerijah menjelaskan, jika Kolecer dibuka, hanya untuk para petugas Diskarpus yang merapikan koleksi ataupun tempat Kolecer.

“Jadi memang belum dibuka, sejak pandemi kami tutup sementara,” jelasnya.

Kolecer sendiri merupakan program bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna meningkatkan tingkat literasi membaca masyarakat Kota Depok. Kolecer di Kota Depok tempatkan di tiga titik, antara lain Taman Lapangan Jawa, Beji. Kemudian di Taman Gurame Pancoranmas.

“Dan yang terakhir ada di Taman Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya,” tambahnya.

Dia berharap, pandemi Covid-19 bisa segera berakhir, agar Kolecer bisa kembali dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Depok.

“Karena kan senang jika masyarakat membaca di tempat yang sejuk, seperti taman. Semoga pandemi ini cepat berakhir, Amin,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR