vaksin sinovac untuk anak
Vaksin Sinovac akan digunakan untuk anak di China.

RADARDEPOK.COM – China akan menggunakan vaksin Korona (Covid-19) untuk anak berusia 3 – 17 tahun. Keputusan tersebut diambil usai┬ámenerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency used authority (EUA).

Chairman Sinovac Biontech, Yin Weidong mengungkapkan, berdasarkan uji klinis fase 1 dan fase 2, vaksin Sinovac dapat memicu respons imun pada relawan berusia 3-17 tahun, dan sebagian besar efek sampingnya bersifat ringan.

Dalam uji klinis fese II, peserta disuntikkan dosis ketiga yang berisi booster. Hasilnya, terjadi peningkatan 10 kali antibodi seminggu setelah disuntikkan dari kondisi sebelum divaksin. Antibodi juga meningkat 20 kali lipat setelah satu bulan.

Tidak disebutkan berapa jumlah relawan dalam uji klinis tersebut, dan belum dipublikasikan hasil uji klinis tersebut.

Atas keluarnya izin ini, Yin Weidong menyerahkan kepada pemerintah kapan vaksin Sinovac akan disuntikkan kepada anak berusia 3-17 tahun yang disesuaikan dengan stratagi vaksinasi nasional.

Yin Weidong menambahkan prioritas penyuntikkan vaksin Covid-19 pada orang tua merupakan merupakan prioritas utama karena mereka lebih rentan terinfeksi dan menderita gejala rendah ketimbang anak-anak.

Hingga 3 Juni 2021, China mengklaim telah menyuntikkan 723,5 juta dosis vaksin ke warganya. Vaksin diberikan kepada mereka yang berusia 18 tahun ke atas.

Indonesia juga menggunakan vaksin Sinovac. Vaksin China ini disuntikkan pada warga berusia 19-56 tahun. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum terbitkan izin penyuntikkan vaksin ini kepada anak. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya