vaksinasi
SEHAT : Pelaksanaan vaksinasi massal di Kampung Tangguh Jaya (KTJ) RW 11 Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, belum lama ini. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak tinggal diam kendati kasus positif Covid-19 meningkat. Caranya, dengan menggeber pelaksanaan vaksinasi. Apalagi hingga Kamis (24/6), masyarakat yang divaksinasi baru  139.630 artinya sekitar 57,43 persen. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Depok, ada penambahan terkonfirmasi positif 561 jiwa, totalnya menjadi  56.906.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita menyebutkan, saat ini Pemerintah Kota Depok sedang menggencarkan pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat. “Besok (Hari ini) di Terminal Terpadu Jatijajar disiapkan 3.000 vaksin untuk masyarakat yang berusia diatas 18 tahun dan ber-KTP ataupun berdomisili di Depok,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (24/6).

Lebih lanjut, dia menjelasandi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) pelaksanaan vaksin masih terus berjalan. Dan Pemkot Depok akan melakukan vaksinasi massal di 11 Kecamatan. Serta membuat sentra vaksin selama dua bulan di Transmart Dewi Sartika. “Senin depan akan dilaksanakan di Kecamatan Sukamajaya, tanggal 30 Juni di Kecamatan Cinere, dan akan terus berlanjut di kecamatan lainnya,” tuturnya.

Jumlah masyarakat Kota Depok yang sudah di vaksin, Novarita menyebutkan dosis 1 sudah ada 139.630 artinya sekitar 57,43persen yang sudah melakukan vaksin. “Sementara untuk dosis 2, sudah 97.485 atau sudah 40,17 persen. Berarti masih sekitar setengahnya lagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi,” jelasnya.

Dia menyebutkan, sejauh ini sudah dilakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan, ASN, tenaga pendidik, pelayan publik, lansia, pra lansia, pedagang pasar, dan yang lainnya. “Saat ini juga untuk usia 18 tahun keatas kami sudah buka. Semoga masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan,” tegasnya.

Sementara, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memuji pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok. Menurutnya, proses pelaksanaan vaksinasi sangat menjaga protokol kesehatan.

“Apresiasi saya kepada Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok telah menggelar kegiatan vaksinasi. Hal ini menjadi bukti sinergitas tiga pilar dalam percepatan vaksinasi Covid-19 secara massal kepada masyarakat untuk Herd Imunity,” ujarnya kepada Harian Radar Depok usai monitoring pelaksanaan vaksinasi di Makodim 0508/Depok, Kamis (24/6).

Program vaksinasi yang digelar kedua institusi tersebut, masyarakat  memiliki banyak pilihan dalam memperoleh layanan vaksinasi. Terlebih, dengan meningkatnya antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin.

“Kami  melalui Dinas Kesehatan mengadakan vaksin di setiap Puskesmas maupun rumah sakit secara masif. Kemudian, ditambah dengan kegiatan hari ini. Saya dengar juga akan ada lagi digelar di beberapa wilayah.Langkah  ini sangat baik, sehingga kita bisa menekan Covid-19 agar bisa turun angkanya pekan ini,” ucapnya.

Imam mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Langkah ini, merupakan salah satu bentuk proteksi diri dari paparan Covid-19.

“Jika angka penularan turun tentu akan bisa menjadi zona hijau. Zona hijau ini akan membangkitkan kembali perekonomian. Jadi, jangan ragu lagi vaksin karena sudah aman dan tersertifikasi,” terangnya.

Diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Kamis (24/6), terjadi penambahan cukup banyak yakni 561 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal sebanyak empat orang.

“Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 harian masih bertambah cukup banyak. Pada Kamis (24/6) sebanyak 561 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Total menjadi 56.906 kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana.

Adapun untuk jumlah orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kota Depok juga mengalami penambahan empat orang. Total korban Covid-19 yang meninggal dunia telah mencapai sebanyak 1.031 orang.

“Namun, pasien sembuh setiap harinya juga terus  bertambah, terjadi penambahan 162 orang sembuh. Total pasien sembuh menjadi 50.031 orang atau mencapai 87,92 persen. Sedangkan kasus konfirmasi aktif sebanyak 5.844 kasus. Lalu untuk kasus suspek aktif sebanyak 168 kasus serta kasus kontak erat aktif sebanyak 2.408 kasus,” ucap Dadang.

Dalam upaya memutus mata rantai Covid-19, Pemkot Depok terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilisasi dan interaksi. “Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup,” tandas Dadang.(tul/rd)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar