Diskarpus Sosialisasi Penyelamatan Arsip
SOSIALISASI: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menggelar sosialisasi penyelamatan dan pelestarian arsip negara periode 2014-2019 dan akuisisi arsip, di Gedung Perpustakaan Kota Depok, Rabu (2/6). FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menggelar kegiatan Sosialisasi Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019 dan Akuisisi Arsip Statis, bagi para Perangkat Daerah (PD) yang digelar secara virtual di Gedung Perpustakaan Kota Depok, Rabu (2/6).

Plt Sekretaris Diskarpus Kota Depok, Lizanova mengatakan, tujuan giat ini guna memberikan pemahaman kepada PD yang ada di Kota Depok, mengenai SE Menpan RB Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019.

“Melihat arsip sebagai hasil kegiatan yang terdapat di pemerintahan daerah, maka perlu untuk dilakukan identifikasi atau pendataan, penyelamatan, dan pelestarian sebagai memori kolektif bangsa,” tutur Lizanova kepada Radar Depok, Kamis (3/6).

Maka dari itu, perlu dilaksanakan kewajiban pengelola arsip dinamis, sebagaimana telah diatur dalam Pasal 57 dan 58, Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

“Sosialisasi ini ditujukan langsung kepada PD. Semoga bisa diimplementasikan dan bermanfaat,” ujarnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Arsip Diskarpus Kota Depok, Widi Handayani mengatakan, narasumber yang hadir dalam kegiatan sosialisasi kali ini adalah Dato Pujiarto selaku Koordinator Kelompok Subtansi Akuisisi Arsip 1, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan definisi arsip, fungsi arsip, penilaian dan akuisisi arsip, pengolahan arsip statis, preservasi arsip statis, akses arsip statis, dan sebagainya,” tuturnya.

Sedangkan, akuisisi arsip statis di Pemerintah Kota Depok paling lambat adalah November 2021. “Dalam kurun waktu pengisian atau pelaporan arsip terdapat kendala, kami siap membantu serta memberikan pendampingan,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR