kerja bakti warga serua
PEDULI KEBERSIHAN : Warga RW10, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, sedang kerja bakti membersihkan lingkungan rumah mereka. IST

Banyak program unggulan Pemerintah Kota Depok, yang bermanfaat untuk kemajuan suatu kota, salah satunya program Zero Waste City.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Kebersihan lingkungan merupakan salah satu ambisi Pemerintah Kota Depok ketika mencetuskan program Depok Zero Waste City. Namun, program ini hanya akan menjadi selogan belaka jika tidak ada realisasi baik dari pemerintah maupun Masyarakat yang tinggal di Depok.

Akan tetapi, asa untuk mencapai predikat zero waste city bukan sebuah keniscayaan, buktinya beberapa warga masih memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Salah satu warga yang tetap konsisten dalam hal kebersihan lingkungan adi di Perumahan Emerald Permata Mansion, RW 10, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari.

Ketua RW10 Serua, Muhammad Azwar mengatakan, warga di komplek perumahan tersebut memiliki komitmen untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya mengandalkan jasa tenaga kebersihan, disela kesibukan warga disana yang mayoritas pekerja, mereka selalu menyempatkan diri untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan.

“Kami tidak pernah absen memberishkan lingkungan paling tidak seminggu sekali,” katanya, Senin(31/10).

Kesadaran akan kebersihan ini lahir dengan sendirinya, tanpa perlu melakukan sosialisasi berlebih. Apalagi sampai harus menggunakan alat pengeras suara. Karena ketika ada hari libur, warga di sana akan berkumpul di pos RW untuk bersiap melakukan kerja bakti. “Alhamdulillah kami selalu kompak untuk menciptakan lingkungan yang bersih,” tuturnya.

Semangat kebersihan ini terlahir dari kesadaran mereka akan pentingnya arti kebersihan lingkungan. Selain untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan asri, kebersihan juga salah satu indikator kesehatan suatu wilayah.

“Kita kan tahu, banyak sekali penyakit yang timbul akibat lingkungan yang tidak bersih. Selain itu, kebersihan ini kan juga sebagian dari iman,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro