ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Meski masih dalam masa pandemi virus Korona (Covid-19), SDN Anyelir 1 tetap berhasil mengukir prestasi. SDN yang berlokasi di Jalan Nusantara, Kecamatan Pancoranmas tersebut, delapan siswanya berhasil menjadi juara dalam ajang Lomba Pasanggiri tingkat Kecamatan Pancoranmas.

Kepala SDN Anyelir 1, Sri Suparni mengatakan, prestasi yang diraih yakni empat siswa juara satu, dua siswa juara dua, dan dua siswa juara tiga. Dimana, dalam lomba Pasanggri tersebut, ada lima lomba mata lomba, yakni biantara, sajak, pupuh, kawih, dan dongeng.

“Semua mata lomba digelar dua kategori, yakni siswa putra dan putri. Jadi, total ada 10 lomba. Selanjutnya siswa yang juara satu dan dua, akan menjadi wakil Kecamatan Pancoranmas untuk berkompetisi di ajang Pasanggiri tingkat Kota Depok,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sri Suparni menuturkan, keberhasilan siswa-siswanya meraih prestasi, tidak terlepas dari peran guru dan juga orang tua siswa, dalam menemukan siswa berpotensi dan juga pembinaan serta pendampingan bakatnya. Karena, sekarang masih pandemi Covid-19, maka untuk mencari bakat siswa dan pengembangannya pun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

juara pasanggiri SDN Anyelir 1
Siswa-siswa SDN Anyelir 1 yang meraih prestasi di Pasanggiri tingkat Kecamatan Pancoranmas.

“Ini menjadi tantangan untuk sekolah. Meski masih belajar di rumah, tetapi bisa saling bersinergi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mengembangkan bakat siswa, sampai akhirnya meraih prestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Pendamping Pasanggiri SDN Anyelir 1, Asep Jujun Iskandar menjelaskan, dalam pembinaan siswa yang ikut dalam Pasanggiri, memang melibatkan orang tua siswa. Jadi, di rumah guru yang ditunjuk jadi mentor tiap mata lomba, berkoordinasi dengan orang tua, tentang sejauh mana pembinaan yang dijalankan.

“Orang tua memiliki durasi yang lebih lama dengan anak di masa belajar dari rumah sekarang ini. Jadi, dukungan dari orang tua harus ada, agar maksimal hasilnya,” terangnya.

Lalu, untuk enam siswa yang akan melaju ke Pasanggiri tingkat Kota Depok pada 14 Juni 2021 akan mendapatkan pembinaan lebih intensif lagi. Siswa tersebut, akan datang ke sekolah untuk mendapatkan pembinaan, pendampingan, dan pengarahan yang memang dibutuhkan dalam perlombaan.

“Intinya adalah proses yang baik dan tepat. Karena, melatih bakat siswa tidak bisa dilakukan secara instan,” jelasnya. (rd)

Daftar siswa SDN Anyelir 1 yang meraih juara di Pasanggiri tingkat Kecamatan Pancoranmas

Juara 1 
Pupuh putra : Hafid Rasya Putra Permana
Dongeng putra : Asraf Prasetya Arief
Dongeng putri : Aliza Cantika Ariana
Biantara putra : Zaffa Cahaya Putra

Juara 2
Pupuh putri : Chesya Inezavana
Kawih putri : Talita Fakhira Achsanti

Juara 3
Sajak putra : Faisal Basil Akram
Sajak putri : Nadine Najwa Vanessa

 

Jurnalis : Editor : Pebri Mulya