pengmas FTI UJ 1

RADARDEPOK.COM, BOGOR – Sebagai wujud kontribusi nyata untuk masyarakat, Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya (FTI-UJ) mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema ‘Penerapan Iptek untuk Peningkatan Kualitas Sayuran Organik yang Ramah Lingkungan di RT 7/8, Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat’.

Dalam kegiatan tersebut diadakan sosialiasi mengenai penggunaan fasilitas penyiraman tanaman organik secara otomatis dan pembuatan pestisida tanaman organik. Sosialisi tersebut, dihadiri dekan FTI-UJ, Camat Cibinong beserta jajarannya dan perwakilan anggota KWT RW 08.

pengmas FTI UJ 3

Dekan FTI-UJ, Ir.Herliati MT.Ph.D menjelaskan, sosialisasi ini ditujukan sebagai solusi permasalahan warga RT 7/8, Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang  kurang lebih 3 bulan dilakukan oleh Dosen dan mahasiswa.  Mulai dari survey, wawancara sehingga diketahui persoalan masyarakat dan Tim FTI-UJ dapat memberian solusi berupa penerapan IPTEK untuk peningkatan kualitas sayuran organik yang ramah lingkungan.

“Menurut warga dalam memproduksi tamanan pokcoy ini masih terkendala penyiraman secara otomatis dan hama ulat dan belalang yang menyerang tanaman pokcoy,” ucapnya.

Sementara itu, ketua RT Bahtiar Rifai, ST., MT menjelaskan, permasalahan utama masyarakat RT 7/8, Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah peningkatan ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi virus Korona (Covid-19).  Untuk meningkatkan perekonomian warga melalui pembuatan UMKM bakmi pak coy.

”Karena Covid-19,  munculah trend pertanian perkotaan dikalangan masyarakat walaupun hasilnya masih dikonsumsi oleh diri sendiri dan keluarga, kemudian dinas ketahanan pangan memberikan 10 rak yang digunakan untuk menanam tanaman pak coy, untuk meningkatkan nilai ekonomi maka dibuatlah Bak mie Pak Coy yang berbahan baku tanaman pokcoy,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh camat Cibinong, R.E. Irwan Somantri. S.STP. Menurutnya, harus ada gerakan nyata untuk pemulihan ekonomi di masyarakat. Hal yang dilakukan pun sangat beragam, dan salah satunya adalah dari sektor pertanian.

”Bak Mie Pak Coy ini merupakan salah satu cara untuk pemuliah perkonomian akibat Covid -19 ”.

Pada kegiatan ini, Sosialisasi mengenai sistem perpipaan dibawakan oleh Forgot  Endro Wibowo., ST., M.T.,  penggunkaan sistem kontrol otomatis tanaman dibawakan oleh Reza Diharja., S.Si., M.T. dan Pembuatan pestisida organik dari daun mimba dijelaskan oleh Mubarokah Nuriaini Dewi, ST., M.T. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya