menko PMK
Menko PMK, Muhadjir Effendy usai mengisi orasi ilmiah dalam Wisuda Daring Universitas Gunadarma, di Kota Depok, Minggu (6/6). FOTO : RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pelaksanaan Wisuda Daring ke-7 Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor Universitas Gunadarma Minggu (6/6) menjadi sedikit berbeda dengan kehadiran dan orasi ilmiah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Rangkaian acara wisuda diawali oleh pembukaan sidang terbuka senat UG oleh Rektor, Margianti, SE., MM., dan dilanjutkan oleh sambutan dari Rektor UG serta Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III, Agus Setyo Budi.

Prosesi wisuda melibatkan orang tua atau pendamping yang diliput secara langsung melalui webcam atau kamera eksternal yang terpasang pada komputer di rumah wisudawan masing-masing. Liputan prosesi yang diurutkan sesuai jenjang dan fakultas masing-masing wisudawan secara real-time terkirim ke studio untuk kemudian disiarkan secara langsung melalui UGTV.

Keluarga, orangtua, atau pendamping wisudawan/wisudawati dapat ikut menyaksikan prosesi wisuda melalui pesawat televisi baik dalam frekuensi digital maupun analog di wilayah JABODETABEK. UGTV juga dapat diakses melalui live streaming dengan menggunakan web browser di laman www.ugtv.co.id dan www.tv.gunadarma.ac.id, serta melalui aplikasi UGTV mobile yang dapat diunduh melalui apps-store maupun play-store pada smartphone.

Ucapan selamat kepada para 540 wisudawan yang tergabung melalu platform cloud meeting juga disampaikan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Melalui orasi yang disampaikan secara langsung dari Auditorium Kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma Menko PMK menyampaikan urgency dari pengembangan manusia di era industry 4.0, dan kebijakan pemerintah terkait dengan pengembangan manusia.

Lebih lanjut, Menko PMK juga berpesan kepada para wisudawan untuk tetap belajar dan terus mengembangan diri sehingga dapat mampu beradaptasi di tengah situasi yang kompleks dan dinamis.

“Tetap menguatkan peran serta fungsi manusia, menjaga sisi humanis dan mempertahankan kearifan dan jati diri Bangsa Indonesia di tengah perkembangan teknologi yang semakin terakselerasi oleh situasi pandemic,” ucap Menko PMK dalam keterangan tertulis yang diterima Radar Depok.

Beberapa pencapaian Universitas Gunadarma disampaikan oleh rektor dalam sambutannya seperti keberhasilan mahasiswa dalam mendapatkan hibah program kreativitas mahasiswa dan juga upaya-upaya yang dilakukan oleh Universitas Gunadarma untuk dapat menjamin keberlanjutan pembelajaran dan layanan akademik maupun nonakademik terutama di situasi pandemi Covid-19 dan era revolusi industry 4.0.

“Kepemilikian super computer DGX-1 yang digunakan dalam implementasi artificial intelligence; Pengembangan produk kesehatan berbasiskan ICT (robovent, robohelm, roboflow, ncpap , robovio dan beberapa produk lain) yang telah didistribusikan dan digunakan dalam penatalakasanaan pandemi Covid-19; pelaksanaan perkuliahan dengan memanfaatkan UGTV melalui program team teaching; serta pelaksanaan sentra vaksinasi UG LLDIKTI III untuk dosen dan tenaga kependidikan,” kata Margianti.

Selain itu, rektor juga menyinggung mengenai fasilitas pembelajaran berbasis edutainment UG-Technopark. UGTechnoPark merupakan komplek atau kawasan pengembangan teknologi, manajemen, pendidikan, dan bisnis secara terpadu, berada di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

“Kawasan tersebut bersifat holistic integrative untuk menunjang kegiatan pendidikan, pertanian terpadu, pariwisata dan pengembangan teknologi terpadu. Sehingga, UGTechnoPark ini nantinya akan menjadi ikon sekaligus wujud dari multidisiplin ilmu yang ada di Universitas Gunadarma,” ucapnya.

Sementara, Agus Setyo Budi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan secara khusus juga menyampaikan terima kasih kepada Universitas Gunadarma yang bersama bersama dengan LLDIKTI III telah menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk kelompok sasaran dosen dan tenaga kependidikan.

“Sentra vaksin dilaksanakan 2 tahap pada bulan April dan Mei 2021 di kantor LDIKTI III cawang dan tercatat sebanyak 1724 dosen serta tenaga kependidikan dari 42 PT di Jakarta tervaksinasi lengkap,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK juga melakukan kunjungan ke beberapa kampus serta mencoba fasiitas pembelajaran seperti lab anatomi virtual dimana dengan adanya anatomage mahasiswa dapat tetap melakukan praktikum anatomi secara remote, CBT center, di Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma dan dianjutkan mengunjungi beberapa lokasi kampus Universitas Gunadarma di daerah Depok.

Kunjungan berakhir di kampus F4 Jalan Raya Bogor, di mana di lokasi tersebut sedang dibangun Rumah Sakit Gunadarma sebagai salah satu komponen penting dalam pelaksanaan dharma pembelajaran dan pengabidan masyarakat Universitas Gunadarma. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah