Tes Kesehatan Calon Sekda Kota Depok
TES KESEHATAN: Delapan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok saat menjalani rangkaian tes kesehatan dan Minnesota Mutiphasic Personality Inventory-2 (MMPI-2), di RSUD Kota Depok, Senin (7/6). FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Delapan calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok menjalani rangkaian tes kesehatan dan Minnesota Multiphasic Personality Inventory-2 (MMPI-2), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Senin (7/6).

Para peserta seleksi calon Sekda Depok sebelumnya sudah menjalani puasa. Karena mereka harus menjalani tes pemeriksaan darah, urine, tes narkoba, pemeriksaan jantung, hingga rontgen.

“Setelah dua jam buka puasa, akan diperiksa lagi. Saat ini sedang dilaksanakan MMPI-2, yaitu tes terkait kesehatan mental,” ungkap Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Marry Liziawati, di RSUD Depok, Senin (7/6).

Selain itu lanjut Marry, kedelapan peserta seleksi Sekda Kota Depok juga menjalani tes Swab Covid-19, serta medical check up.

“Tes swab Covid-19 pertama dilakukan, sebelum menjalani rangkaian tes kesehatan lainnya,” jelasnya.

Marry menyebut, hasil pemeriksaan nantinya akan dipegang oleh tim Panitia Seleksi (Pansel) Sekda. Dan terkait pengumuman bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya, itu merupakan hak pansel.

“Namun, karena hasil pemeriksaan kan sifatnya bukan untuk diumumkan. Jadi, bagaimana nanti tim Pansel akan menyebutkan nama-nama yang bisa ikut ke tahap selanjutnya,” jelasnya.

Marry berharap, hasil pemeriksaan hari ini bisa didapat pada Senin (14/6). Sehingga Selasa pekan depan, sudah ada nama-nama calon Sekda yang bisa ikut ke seleksi selanjutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori mengatakan, para calon Sekda melalui beberapa rangkaian pemeriksaan. Seperti pemeriksaan penyakit dalam, pemeriksaan jantung, pemeriksaan psikiatri atau mental, serta pemeriksaan laboratorium dan radiologi.

“Bagi pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan darah, urine, dan narkoba,” tutur Devi kepada Radar Depok, Senin (7/6).

Senada dengan Marry, Devi menyebutkan bahwa sebelum rangkaian pemeriksaan dimulai, calon Sekda mengikuti skrining Covid-19 sesuai dengan prosedur di saat pandemi Covid-19. “Salah satunya adalah dilakukan tes swab bagi para calon Sekda,” bebernya.

Menurutnya, hasil pemeriksaan pada hari ini bisa secepatnya diberikan kepada Pansel, kurang lebih besok atau lusa. Sedangkan pemeriksaan kesehatan pada hari ini telah dijadwalkan sejak pukul 08.00 sampai 15.30 WIB.

“Hasilnya sudah bisa keluar antara satu sampai dua hari. Kalau terkait selesainya pemeriksaan, kami menjadwalkan sekitar pukul setengah empat sore. Kalaupun lebih atau kurang tergantung bagaimana nantinya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, delapan calon Sekda Depok yang mengikuti tes kesehatan di RSUD Depok di antaranya Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Dudi Miraz, Sekretaris DPRD Depok Kania Parwanti, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Manto Djorgi, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Nina Suzana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidik Mulyono, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Siti Chaerijah Aurijah, Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Supian Suri, dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Wijayanto.

Rangkaian selanjutnya, yaitu pada 15 Juni 2021 akan dilakukan pengumuman hasil uji kompetensi (asesmen), dan pada 16 Juni 2021 penulisan makalah. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR