Ikravany Hilman PDI Perjuangan Depok
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Ikravany Hilman bicara tentang Bulan Bung Karno. Foto : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Momentum Bulan Bung Karno, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Ikravany Hilman mengajak seluruh warga kota sejuta maulid untuk mewariskan api dari salah satu Proklamator Kemerdekaan tersebut.
Ikra mengatakan, merayakan Bulan Bung Karno adalah merayakan perjuangannya untuk Indonesia. Terlepas dari itu, sudah sepatutnya merayakan berbagai teladan yang telah diberikan Bapak Bangsa ini.

“Mari wariskan api Bung Karno, jangan abunya,” tutur Ikravany kepada Radar Depok, Selasa (2/6)

Diketahui, Bulan Juni juga dikenal sebagai Bulan Bung Karno. Peringatan ini mengacu pada Hari Lahir Pancasila yang digagas oleh Soekarno dan diperingati setiap 1 Juni. Selain itu, Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970.

“Bagi kami, Bung Karno merupakan sumber inspirasi. Namun, bagi masyarakat umum, mungkin ada perdebatan. Bung Karno sendiri mengakui bahwa dia hanya manusia dalam bukunya. Tetapi, bagaimana pun juga menurahkan tenaganya untuk memerdekakan republik ini, sampai beliau jadi presiden, ada hal-hal yang baik. Maka, warisi apinya, baik semangat, dan pemikiran-pemikirannya yang masih relevan sampai hari ini,” paparnya.

Ikra yang juga Anggota DPRD Kota Depok ini pun meminta untuk tidak membicarakan keburukan-keburukan Bung Karno. Sebab, setiap individu pasti punya sisi negatif.

“Jadi jangan abunya itu, Jangan sampai sisi negatifnya didiskusikan dan menjadi tidak bermanfaat untuk kita hari ini, padahal banyak hal yang bisa diambil dan sebagai inspirasi, baik pemikiran, tindakan dan perbuatannya Bung Karno,” ungkapnya.

Ditanya tentang Sosok Bung Karno bagi dirinya, Ikra mengakui bahwa buku otobiografi berjudul ‘Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ menjadi inspirasi baginya untuk terjun ke dunia politik dan menjadikan dirinya seperti sekarang ini.
“Saya baca buku otobiografi itu punya ayah saya saat SMA, dari sana saya tertarik dengan politik, baca buku sejarah, karena tertarik dengan buku itu, sampai saya bisa seperti ini,” ucap Ikra.

Ikra menambahkan, di Bulan Bung Karno tahun 2021 ini, DPC PDI Perjuangan Kota Depok juga tengah mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk merayakannya.

“Saat ini masih digodok, insha Allah dalam waktu dekat akan ada pemberitahuannya,” pungkas Ikra. (cky)

 

Tentang Bulan Bung Karno

  • Peringatan ini mengacu pada Hari Lahir Pancasila yang digagas oleh Soekarno dan diperingati setiap 1 Juni
  • Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970.

Kata Ikravany Hilman

  • Mengajak seluruh warga kota sejuta maulid untuk mewariskan api dari salah satu Proklamator Kemerdekaan tersebut
  • Sudah sepatutnya merayakan berbagai teladan yang telah diberikan Bapak Bangsa ini
  • Bung Karno merupakan sumber inspirasi
  • Pemikiran-pemikirannya yang masih relevan sampai hari ini
  • buku otobiografi berjudul ‘Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia’ menjadi inspirasi baginya untuk terjun ke dunia politik dan menjadikan dirinya seperti sekarang ini

 

Editor : Ricky Juliansyah