Kejari Whistle System Depok
JAGA INTEGRITAS: Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Sri Kuncoro saat memberikan pengarahan kepada pegawai Kejaksaan di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Depok, Kawasan Boulevard GDC. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok terus meningkatkan integritas serta kedisiplinan, hal tersebut dilakukan dengan membuat aplikasi bernama Whistle Blowing System, yang bertujuan untuk mengawasi pegawai di lingkungan kantor Kejaksaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Sri Kuncoro menerangkan, ini bagian dari pengawasan dalam pembangunan wilayah birokrasi di lingkungan Kejaksaan. Nantinya, Unit Perlindungan Pelapor (UPP) akan melakukan penanganan terhadap setiap laporan yang masuk dan memberikan perlindungan bagi pelapor atau disebut Whistleblower.

“Bila melihat pelanggaran di lingkungan Kejaksaan Negeri Depok, saya harap masyarakat dapat membantu kami untuk melaporkannya di dalam aplikasi tersebut,” tegasnya, Selasa (1/6).

Ia juga meminta peran aktif dari masyarakat yang berada di lingkungan Kejaksaan jika menemukan pelanggaran, hal ini agar kedisiplinan dan integritas pegawai kejaksaan dapat menjadi teladan untuk pegawai instansi lainnya.

“Pelaporan dapat diakses lewat aplikasi whistle blowing system yang ada di www.ptsp.kejari-depok.go.id. Nantinya, setiap pengaduan akan ditindaklanjuti apabila telah memenuhi Standar Pelaporan,” terang Kuncoro.

Dengan adanya aplikasi yang sangat mudah digunakan tersebut, diharapkan dapat menjaga integritas pegawai. Sebab aplikasi tersebut dikelola secara profesional. “Kami harus menjadi penggagas untuk memberikan pelayanan dan contoh yang baik. Jadi sudah bukan wacana tapi sudah pada tindakan,” tandasnya. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR