rangkapanjaya tentukan prioritas
BERGERAK : Swafoto usai pembangunan Rapat Koordinasi bersama Kampung Keluarga Berencana tingkat kelurahan, di Aula Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas. IST

RADARDEPOK.COM, RANGKAPANJAYA – Kelurahan Rangkapanjaya, Kecamatan Pancoranmas, menggelar Rapat Koordinasi bersama Kampung Keluarga Berencana (KB) RW1 dan RW5, untuk membentuk Kampung Keluarga Berkualitas tingkat kelurahan. Juga menentukan arah prioritas.

Lurah Rangkapanjaya, Kharisma Eka Putra mengatakan perubahan nama Kampung KB baru dicetuskan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat akhir tahun lalu menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.

“Di Kelurahan Rangkapanjaya ada dua RW, RW1 dan RW5 sesuai kebijakan pemerintah dari tahun 2019 dan 2020. Nah di tahun ini, kebijakannya berubah, Kampung Keluarga Berencana (KKB) dibentuk per kelurahan, tidak lagi per RW,” ujarnya.

Kampung KB RW1 dan RW5 sebagai miniatur dibentuknya KKB kelurahan. Pada Rakoor kali ini, pihaknya juga mencoba menentukan arah prioritas pergerakannya, yaitu prioritas sektor kesehatan, bersinergi dengan program sanitasi desa (sandes). Lantaran di RW 1 masih banyak warga yang belum memiliki sanitasi yang bersih baik jamban ataupun septictank.

“Makanya kami sinergikan kegiatan sandes ini. Kenapa sektor kesehatan? Karena kondisi pandemi saat ini, kami ingin memberikan penguatan dari sektor terbawah. Serta, tidak melupakan penanganan penyakit lainnya seperti DBD dan mengurangi stunting,” bebernya.

Kata Kharisma, agenda ini juga diharapkan bisa memetakan program prioritas utama, dan nantinya akan disinergikan dengan anggaran yang telah diusulkan pada Musrembang 2020-2021.

“Kita selaraskan juga bersama program prioritas pemerintah yang baru ini. Audiens kali ini ada pengurus KKB tingkat kelurahan, PLKB Kecamatan, kemudian pengurus Kampung KB RW1 dan RW5,” tandasnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro