situ pangarengan
PEDULI LINGKUNGAN : Komintas lingkungan bersama masyarakat saat membersihkan eceng gondong dan samph dari Situ Pengarengan, Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (6/6). FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Masih dalam suasana Hari Lingkungan Hidup. Komunitas peduli lingkungan bersama stakeholder Kota Depok membersihkan eceng gondok yang berada di Situ Pengarengan, Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (6/6).

Koordinator Lapangan Aksi jaga lingkungan, Erry Arinto menegaskan, seluruhnya turun bertindak nyata katas kesadaran yang peduli akan keberlangsungan lingkungan. Situ Pengarengan patut mendapatkan hal tersebut.

“Kami libatkan masyarakat sekitae untuk menggunakan getek, lalu angkut eceng gondok sekaligus sampah,” terangnya kepada Radar Depok.

Kegiatan yang berlangsung pukul 08:00 WIB ini, melibatkan setidaknya 20 orang dalam melakukan pembersihan. Dibantu dengan dua getek dan satu perahu karet. Pembersihan dilakukan secara bergantian, untuk getek sendiri maksimal dua orang dan perahu karet menampung empat orang.

“Hampir seperempat bagian situ tertutup eceng gondok, ini harus diperhatikan semua lini. Keberadaan situ ini sangat penting,” kata Erry.

Tak hanya itu, Situ Pengarengan juga terus mengalami pendangkalan. Hujan yang mengguyur Depok membuat perumahan sekitar mengalami banjir. “Perhatian pemerintah pada Situ ini amat sangat di sayangkam sekali. Semoga bisa lebih diperhatikan lagi tentunya,” tutup Erry. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet KelmanutuĀ 

Editor : Fahmi AkbarĀ