KPP UI
DARING : Salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis KPP UI yang ke-20 dilakukan secara daring, Kamis (3/6). IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memperingati Dies Natalis yang ke-20 Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan (KPP). Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan Webinar Series pada tanggal 2-4 Juni 2021.

Ketua Panitia Dies Natalis, Lita Sari Barus mengatakan, kegiatan kali ini dilakukan dalam rangka memberikan kilas balik terhadap waktu-waktu yang telah berlalu dan mengumpulkan kekuatan-kekuatan baru dalam menghadapi peluang dan tantangan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di masa mendatang.

Kegiatan ini diadakan dalam waktu tiga hari. Hari pertama dan kedua dilaksanakan secara daring, kemudian hari ketiga dilaksanakan secara hybrid, yaitu kegiatan pertemuan terbatas dengan protokol kesehatan (prokes) dan daring,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (4/6).

Sementara Ketua Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan, Chotib Hasan berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara yang didukung oleh segenap dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, alumni, dan mitra kerjasama.

Menurut Chotib, salah satu problem dalam pengembangan perkotaan adalah kesulitan dalam melakukan koordinasi antar sektor-sektor pembangunan dan penyelesaian masalah yang hanya dilakukan dengan pendekatan-pendekatan disiplin ilmu yang terkotak-kotak.

Maka dari itu diperlukan strategi pengembangan kota secara multidisiplin, sebagai tema besar kegiatan ini. Adapun pembahasan tersebut dilaksanakan kali ini dalam 3 pertemuan,” bebernya.

Petemuan pertama mengangkat subtema Profil Perkotaan Indonesia dalam Persfektif Kesehatan dan Lingkungan. Pertemuan kedua membahas Pendekatan Seni Dan Budaya Dalam Penerapan Pemajuan Kebudayaan di Perkotaan. Kemudian pertemuan ketiga membahas Ketahanan dan Keamanan Ruang Pulau-Laut Menuju Kota Laut Masa Depan Indonesia.

Perayaan Dies Natalis KPP ke-20 ini juga dimeriahkan dengan tari-tarian dan musik yang dipersembahkan oleh Dinas Kebudayaan DKI dengan pemotongan tumpeng oleh saya,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro