DEKLARASI : Lurah Duren Seribu bersama pengurus Wahid Fondation dan Kepala Desa di Malang dan Kota Batu, melakukan aksi deklarasi Kelurahan Damai. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DUREN SERIBU – Pogram Kelurahan Damai yang digagas Wahid Foundation, kian melebarkan sayapnya hingga ke berbagai daerah. Hal itu terbukti dari ikut sertanya Lurah Duren Seribu, Suhendar dalam kegiatan studi banding, sekaligus deklarasi program tersebut di Kota Malang dan Kota Batu, Jawa Timur.

Suhendar mengatakan Kelurahan Duren Seribu terpilih untuk mewakili Jawa Barat dan Jawa Timur, sebagai Kelurahan Damai yang merupakan program Wahid Foundation.

Dua desa yang dideklarasikan yaitu Desa Damai di Desa Gunugrejo, kemudian mengunjungi Desa Gunungsari di Kota Batu,” katanya, Senin (7/6).

Dia mengungkap, ke dua desa tersebut dijadikan lokasi studi banding karena memiliki beragam potensi daerah yang sangat bagus, bahkan bisa bisa meningkatkan perekonomoan warga, salah satunnya di Desa Gunugrejo, terdapat potensi tanaman sayuran sehingga bisa dibuat wisata agro sayuran bagi daerah setempat. Jadi masyarakat setempat mayoritas bercocok tanam sayuran,” ujarnya.

Kemudian di Desa Gunungsari, lanjut Suhendar, terdapat potensi daerah sebagai penghasil tanaman hias. “Di daerah ini beragam tanaman hias dan pohon produktif yang dikelola dan dibudidayakan masyarakat setempat,” bebernya.

Kata dia, lewat studi banding ini, pihaknya ingin mengadopsi cara dua desa tersebut dalam meningkatakan potensi wilayahnya, sehingga bisa diaplikasikan di Kelurahan Duren Seribu.

Potensi ini nantinya bisa diadopsi di Kelurahan Duren Seribu, karena di wilayah Duren Seribu masih memungkinkan untuk jenis sayuran maupun tanaman hias,” terangnya.

Lebih lanjut, terang dia, wilayah Duren Seribu sekarang ini sudah dikenal masyarakat dari luar sebagai wisata herbal, sehingga tinggal pengembangannya yang dikejar. Selain itu, setiap lingkungan RW di wilayahnya masing-masing memiliki berbagai kelebihan sehingga disebut sebagai kampung tematik.

Tentunya akan memudahkan wilayah Kelurahan Duren Seribu menjadi salah satu kelurahan di Kota Depok yang memiliki potensi,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro