kapolsek sawangan
RAMAH : Kapolsek Sawangan, AKP Rio Mikael yang dikenal sebagai sosok yang ramah dan murah senyum. IST

RADARDEPOK.COM – Warga di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari, patut berbangga. Pasalnya mereka memiliki seorang Kapolsek menyandang segudang prestasi mentereng.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

Sejumlah personel Polsek Sawangan dan pesonel Koramil Sawangan, berbaris sambil mendengarkan insturksi dari Kapolsek Sawangan AKP Rio Mikael Lumban Tobing. Mereka sedang melakukan apel gabungan dalam rangka menjalankan program Depok Bermasker. “Kami mau siap–siap bagikan masker di Perempatan Bojongsari,” kata AKP Rio seusai mengambil apel di halaman Mapolsek Sawangan.

Setelah apel selesai, seluruh personel bergegas mengendarai motor mereka tak terkecuali Kapolsek Sawangan yang menaiki mobil minibus berwarna cokelat, untuk segera menuju lokasi pembagian masker. Ribuan masker disebar mereka hari itu, seluruh pengguna jalan yang melintas baik motor, mobil, sepeda, hingga pejalan kaki, diberikan masker secara gratis.

“Kegiatan ini sekaligus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan, supaya kita tidak tertular Covid–19,” katanya sambil memberikan masker kepada pengguna jalan di atas separator Perempatan Jalan Raya Bojongsari.

Kurang lebih ada sekira dua jam mereka membagi–bagikan masker kepada pengguna jalan di sana. Tidak kurang dari 2.000 pcs masker habis dibagikan ke masyarakat.  AKP Rio pun mengajak untuk istirahat sejenak di sebuah kedai kopi yang berada tak jauh dari lokasi pembagian masker.

Di sana, Radar Depok kembali melanjutkan perbincangan mengenai pengalaman AKP Rio sebagai polisi sejak awal karirnya, hingga kini menjabat sebagai Kapolsek Sawangan. Perbincangan dibalut dengan acara minum kopi dadakan itu terasa begitu akrab, tak jarang gelak tawa pecah tatkala seorang anggotanya menceritakan sebuah cerita lucu.

AKP Rio resmi menjabat sebagai Kapolsek Sawangan sejak 2 Januari 2021 kemarin. Sebagai kepala kepolisian yang menaungi dua wilayah kecamatan, dia ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Maka dari itu, banyak perombakan dan pembinaan yang dilakukannya baik dari sisi internal hingga eksternal.

“Fokus pertama aku saat menjadi Kapolsek Sawangan ini, ingin memberikan peningkatan kedisiplinan dan pembinaan kepada anggota di sini. Aku  juga melakukan pembenahan dari segi adminsistrasi di internal  kami agar lebih baik lagi,” tuturnya.

Selain itu, dia juga ingin mendekatkan diri dengan warga se-Kecamatan Bojongsari dan Sawangan. Oleh karenannya, dia rutin melakukan pendekatan kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat di Sawangan dan Bojongsari.

“Pendekatan ini tak lain untuk menciptakan suasana yang kondusif di Sawangan dan Bojongsar,” ujarnya.

Tidak hanya perbaikan yang bersifat moril, perbaikan materil juga dilakukannya dalam membenahi wajah Mapolsek Sawangan agar lebih elok dan ramah untuk masyarkat. Lewat sentuhan tangan dinginnya, fasilitas dan gedung Mapolsek kini dirombak menjadi lebih bagus dari sebelumnya.

Yang paling pertama dibenahinya adalah baian musala di sana lantaran dianggap sangat sempit, sehingga dia membangun musala yang lebih besar di lantai dua gedung Mapolsek Sawangan. Tak lupa sebuah pos jaga juga dibuatkan agar menambah keamanan lingkungan Mapolsek Sawangan.

“Kami melakukan perbaikan sarana prasaran di Mapolsek Sawangan agar bisa menunjang kinerja anggota dan juga membuat masyarakat yang datang lebih nyama. Sebab, semua masyarakat bisa menggunakan musala ini untuk beribadah,” ucapnya.

Untuk urusan penanganan Covid -19, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Mantan Kapolsek Koba ini juga memiliki komitmen tinggi dalam membantu Pemerintah menekan angka penularan Covid-19, lewat beragam aksi kepolisian seperti razia masker, pembagian masker gratis, dan juga bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19 di wilayahnya. “Kami bekerjasama dengan tiga pilar Kecamatan Sawangan dan Bojongsari dalam penanganan Covid-19 ini,” imbuhnya.

Lalu dari sisi penanganan kriminalitas, AKP Rio langsung berhasil mengungkap bandar narkoba dan sindikatnya yang dikendalikan dari dalam lapas. Kasus ini berhasil diungkapnya hanya dalam waktu beberapa bulan dia menjabat sebagai Kapolsek.  “Tentunya perang terhadap narkoba masih menjadi prioritas kami juga, diluar dari aksi – kasi humanis kami dengan masyarakat,” ucapnya.

Yang terakhir dan teranyar, tentu semua masyarakat tahu dengan isu babi ngepet di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, yang menggegerkan seantero negeri. Nah, AKP Rio inilah yang berhasil mengungkap sebuah kebohongan publik besar yang dilakukan seorang oknum warga di sana, yang mengakibatkan kerumunan dan kehebohan publik.

“Tidak sampai seminggu, begitu viral kami langsung berhasil meringkus aktor utama hoaks babi ngepet ini. Saya juga gak habis fikir, ngapain dia bikin sensasi kaya gitu, udah keluar duit buat beli babi masuk penjara pulak,” kelakarnya. (dra/rd)

Editor : Fahmi Akbar