penilaian nacipera falimruta
NILAI : Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB) mewakili Kecamatan Cinere dalam lomba tingkat Kota Depok dinilai dalam lomba Nacipera Falimruta, Selasa (8/6). IST

RADARDEPOK.COM, PANGKALANJATI BARU – Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB) lagi-lagi mewakili Kecamatan Cinere dalam lomba tingkat Kota Depok. RW 1, 4 dan 5 menjadi titik fokus penilaian di lomba Menanam Cinta di Pekarangan dengan Memanfaatkan Limbah Rumah Tangga (Nacipera Falimruta), Selasa (8/6).

Lurah Pangkalanjati Baru (PJB), Sugianto mengatakan, telah menetapkan sejumlah titik pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang tersebar dibeberapa wilayah RW sebagai objek penilaian lomba.

“Meski tenggang waktu persiapan kami agak mepet tapi kami bersyukur lantaran diwilayah kami banyak pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang bisa langsung ditunjuk sebagai objek penilaian yang telah memenuhi persyaratan untuk kriteria penilaian,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Selasa (8/6).

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Dian Karwati menyebut, salah satu kriteria penilaian adalah tingkat partisipasi masyarakat, terhadap upaya pemanfaatan halaman rumah untuk ditanami dengan tanaman produktif dan bermanfaat untuk kebutuhan hidup sehari hari.

“Kami sangat bersyukur karena di Pangkalanjati Baru banyak sekali warga yang memiliki halaman rumah, yang ditanami tanaman produktif dan juga ada yang memelihara ikan air tawar. Sehingga kami tidak terlalu sulit untuk mencari objek P2L sebagai titik objek penilaian,” kata Dian.

Seperti pada keikutsertaan lomba kelurahan, Dian juga berharap pada ajang lomba Nacipera Falimruta, Kelurahan Pangkalanjati Baru bisa kembali meraih prestasi untuk mengharumkan nama Kecamatan Cinere di tingkat Kota Depok. “Sebagai wakil dari Kecamatan Cinere, tentu kami punya harapan dapat mencapai hasil terbaik, meskipun pada akhirnya semua keputusan berada ditangan tim penilai lomba,” imbuhnya.

Dia menambahkan, selain tanaman produktuf berupa sayur dan rempah, pekarangan rumah juga bisa dioptimalkan untuk tempat pembudidayaan ikan air tawar seperti ikan Lele, Ikan Mas dan berbagai jenis ikan air tawar lainnya. Dan hal itu kata dia sudah banyak dilakukan warga Pangkalanjati Baru, Kecamatan Cinere sebagai upaya menguatkan ketahanan pangan keluarga.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro