pemilihan RW di Depok Jaya pakai daring
KOMPAK : Swafoto usai pelaksanaan Pemilihan Ketua RW3, Kelurahan Depok Jaya, Sabtu (5/6). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK JAYA – Wilayah RW3, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, menggelar pemilihan ketua RW untuk menindaklanjuti Peraturan Walikota No 13 Tahun 2021 melalui daring secara perdana. Pelaksanaan secara daring juga guna menghindari penyebaran virus Korona.

Ketua Panitia, Syafril menjelaskan pesta demokrasi tingkat RW telah dipersiapkan sejak satu bulan lalu. Bagaimana mengadakan pemilihan secara efektif dan efisien sekaligus menghindari kontak langsung dan kerumunan.

“Sebenernya basicnya sederhana, memanfaatkan google form, dan warga memilih dari gawaiinya masing-masing dari rumah. Alhamdulillah berjalan lancar hasil kerja keras panitia, berkoordinasi dengan RT setempat,” ujarnya kepada Radar Depok.

Dirinya tidak menyangka, pada pelaksanaanya, partisipasi masyarakat sangat baik. Dari 440 KK, Sekitar 90% masyarakat memberikan sumbangsih suaranya atau sebanyak 399 KK. Pemilihan RW 3 ini dimenangkan oleh Nuryadin Rahman.

“Menurut Perwal, pemilihan RW ini per KK. Pada simulasi yang pernah kami adakan, hanya tercapai 50 persen atau 240 orang saja yang ikut. Ternyata, saat pelaksanaan diluar ekspektasi,” bebernya.

Di lokasi yang sama, Ketua RW3 Depok Jaya terpilih, Nuryadin Rahman menuturkan beberapa program kedepan dalam pelayanan masyarakat berbasis IT. Salah satunya proses surat menyurat.

“Layanan ini nantinya akan ada satu ikon, warga tinggal pilih mau pelayanan apa. Misalkan surat menyurat nanti di download, diisi, dan di foto kemudian diupload. Akan kami seleksi, bila layak di approved maka akan di tandatangan secara digital,” tuturnya

Untuk ketahanan pangan, pihaknya menyulap lahan tidur seluas 1.000 meter menjadi produktif. Seperti tanaman hidroponik, markisa, dan 4.000 lele.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Depok Jaya, Sugeng Kusnadi mengatakan pemilihan Ketua RW3 merupakan pesta demokrasi secara perdana yang digelar secara online guna menindaklanjuti Peraturan Walikota No 13 Tahun 2021.

“Pelaksanaan ini sudah cukup baik karena prokesnya terjaga. Memang kami minta untuk tidak menimbulkan kerumunan. Terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan aspirasi, masukan dan partisipasinya,” jelasnya kepada Radar Depok, Sabtu (5/6).

Adapun, pemilihan ketua RW ini bisa dijadikan contoh bagi pengurus di RW lain agar mensiasati pesta demokrasi, tentunya menerapkan protokol kesehatan. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro