Pendataan Keluarga Diperpanjang
PENDATAAN KELUARGA: Salah satu kader saat melakukan pendataan pada keluarga Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, beberapa waktu lalu. FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pendataan Keluarga Tahun 2021, maka Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok memperpanjang pelaksanaan pendataan keluarga sampai 21 Juni 2021.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, sebelumnya pendataan keluarga dijadwalkan selesai pada 31 Mei 2021.

“Setelah adanya SE dari BKKBN, maka pendataan keluarga di Kota Depok diperpanjang sampai 21 Juni 2021,” tutur Nessi kepada Radar Depok, Kamis (3/6).

Dalam SE tersebut disebutkan bahwa perpanjangan waktu pelaksanaan pendataan keluarga bertujuan agar 100 persen target terdata.

“Sehingga sasaran intervensi program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana, maupun program pembangunan lainnya dapat mencakup seluruh keluarga Indonesia,” beber Nessi.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Keluarga Berencana (KB) DPAPMK Kota Depok, Intan Yustisiawati mengatakan, berdasarkan data per Selasa (1/6) Kota Depok sudah mencapai 98,59 persen pendataan penduduk. “Target KK yang terdata ada 477.456. Sekarang sudah mencapai 470.744, artinya sudah 98,59 persen,” tutur Intan.

Dia menambahkan, program pendataan keluarga yang merupakan program lima tahunan BKKBN dilaksanakan dengan metode sensus. Yaitu, kunjungan dari rumah ke rumah.

“Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di masa pandemi Covid-19,” tambahnya.

Total kader dalam pendataan keluarga kali ini ada 5.093 orang, yang sebelumnya sudah diberikan pelatihan terkait pendataan keluarga.

“Semoga bisa mencapai 100 persen capaian pendataan keluarga di tahun ini. Kami juga selalu memotivasi para kader pendata, serta melaksanakan monitoring dan evaluasi ke lapangan,” pungkasnya.

Perlu diketahui, pendataan keluarga tahun 2021 sudah dimulai sejak 1 April 2021 dan diperpanjang sampai 21 Juni 2021. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR