Rizki Apriwijaya
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya berbicara prokes covid-19. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya terus mengajak masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Sebab, hal tersebut merupakan yang paling mujarab menangkal Virus Korona saat ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini mengatakan, vaksin Covid-19 yang disuntikkan ke masyarakat bukan merupakan obat bagi orang yang terpapar virus corona.

“Vaksin hanya berfungsi melindungi diri dari potensi penularan Covid-19. Untuk itu, mereka yang divaksin harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” tutur Rizki kepada Radar Depok, Minggu (6/6).

Adapun Prokes yang dimaksud, yakni 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi.
Rizki yang memiliki Jargon Dewan Milenial ini menekankan bahwa usaha terbaik dalam menghindari penularan Covid-19 adalah pencegahan, yakni melalui disiplin Prokes. Dan, jika memungkinkan harus ikut dalam kegiatan vaksinasi yang tengah masif dilakukan pemerintah.

“Obat Covid-19 masih dalam tahap perkembangan. Pemerintah berharap melalui kedatangan vaksin ini, program vaksinasi nasional dapat berjalan dengan baik dan sesuai jadwal,” katanya.

Rizki mengatakan, meski program vaksinasi tengah digalakkan pemerintah. Namun,
vaksin Covid-19 yang ada saat ini tidak 100 persen melindungi individu dari penularan Covid-19.

“Efektivitas vaksin berada di angka 65 sampai 60 persen. Jadi, yang utama dan bisa kita lakukan adalah tetap disiplin menerapkan Prokes, sambil menunggu obat paten selesai dikembangkan,” paparnya.

Dengan menjaga Prokes, sambung Rizki, diharapkan kesehatan masyarakat dapat terjaga dan terhindar dari penularan Covid-19, serta program vaksinasi yang berjalan sukses dapat membentuk herd community.

“Dari sini, pemerintah dapat fokus untuk memulihkan sektor lainnya, seperti ekonomi,” ucap Rizki. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah