rutan tahanan baru
CEGAH COVID-19 : Seluruh tahanan baru Rutan Kelas I Depok, ketika menerima arahan protokol kesehatan dan menjalani test kesehatan sebelum masuk ke lingkungan Rutan Kelas I Depok. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok menerima 66 tahanan baru, dua perempuan dewasa dan 64 pria dewasa. Penerimaan tahanan dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, Minggu (13/6).  Puluhan tahanan ini merupakan bersala dari Kota Depok dan sekitarnya.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Kelas I Depok, Numan Fauzi menerangkan, seluruh tahanan sebelum memasuki Rutan melalui rapid test, yang telah disediakan pihak Rutan demi menjaga kesterilan. “Wajib kita lakukan ini. Memang sudah menjadi keharusan dari aturan Kemenkumham dan pemerintah pusat hingga daerah,” terangnya kepada Harian Radar Depok, Minggu (13/6).

Ada beberapa tahapan, sebelum seluruh tahanan menjalani rapid test. Diantaranya pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker. Hingga masuk dalam box sterilisasi, yang tersedia di pintu masuk Rutan Depok yang berlokasi di Jalan M Nasir Nomor 52, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong. “Semua dilakukan oleh petugas lengkap dengan APD sesuai SOP kesehatan. Dan alhamdulilah hasilanya non reaktif semua,” jelas Fauzi.

Menurutnya, setelah melalui proses protokol kesehatan. Seluruh tahanan akan melangsungkan karantina selama 14 hari. Ini dilakukan guna mengantisipasi timbul gejala Covid-19 dari tahanan karena dari lingkungan luar rutan. “Tentu kami ingin menjaga ketat rutan. Karantina memang juga menjaga standart pelayanan kami ketika tahanan baru masuk,” ungkapnya.

Tahapan proses tersebut wajib dilakukan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 bagi seluruh penghuni Rutan. Upaya meningkatkan pelayanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terus diteingkarkan dan dilakuman dengan konsisten Rutan Kelas I Depok. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar