karate depok
SEMANGAT : Pelantikan pengurus Shiroite Kota Depok sekaligus penganugerahan sabuk hitam kepada Walikota Depok, di Balai Serba Guna Depok Jaya, Minggu (20/6). IST

RADARDEPOK.COM – Perguruan Karate Do Shiroite menganugerahkan sabuk hitam kehormatan kepada Walikota Depok, Mohammad Idris, Minggu (20/6).  Penyematan tersebut dilangsung dalam pelantikan pengurus Shiroite Kota Depok, di Balai Serba Guna Depok Jaya.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengaku, sangat bangga dan mengapresiasi kepada seluruh lapisan yang begitu perhatian terhadap salah satu cabang olahraga, yang seyogyanya lebih mengakar dalam dunia bela diri dan lebih dikenal. “Di Kota Depok, memang masih perlu banyak peningkatan-peningkatan. Baik dari segi perhatian maupun dari sisilainnya,” terang Idris kepada Harian Radar Depok.

Baginya, bela diri ini mempunyai dasar filosofi yang sangat mengakar, dari kewajiban pemberian hormat. Ini juga bagian dari filsafat Karate. Kalau mau dihormati orang lain, maka harus hormati dulu orang lain. “Saya atas nama pemerintah, mengucapkan ribuan terima kasih, apresiasi kepada Forki dan Shiroite, atas pemberian Sabuk Hitam kehormatan kepada saya, ini mimpi saya sewaktu di pesantren,” ucapnya.

Menurut walikota, 72 persen masyarakat Kota Depok, merupakan usia produktif. Maka, jika tidak diarahkan pada hal positif, bisa menjadi bumerang, malapetaka bagi sebuah daerah. Untuk itu harus dibina dengan kegiatan positif seperti ini. “Ini komitmen kami bersama Koni untuk memajukan olahraga, untuk mencapai  masyarakat Depok maju, berbudaya dan Sejahtera,” tuturnya.

Sementara, Ketua Umum Perguruan Shiroite Kota Depok, Irfan Januar mengatakan, kehadiran Walikota Depok dalam pelantikan dan menerima anugerah Sabuk Kehormatan Perguruan Shiroite, sangat berdampak pada semangat para karatekanya, yang didominasi usia remaja.

“Dengan kehadiran Pak Kyai sangat bermanfaat bagi kami, ini sebagai pemicu kemajuan prestasi olahraga bela diri Karateka Shiroite Kota Depok,” ungkapnya.

Dukungan dari Pemkot Depok, baginya tidak kalah penting, untuk memfasilitasi pengembangan prestasi karateka di Kota Depok. Pasalnya, menjadi sebuah kebanggaan jika sudah mewakili Kota Depok dalam sebuah kompetisi.

Sementara itu, Ketua Umum Shiroite Jawa Barat, Parulian Panggabean mengungkapkan, sepanjang 20 tahun belum pernah ada pemimpin Kota Depok yang mau hadiri pelantikan pengurus perguruan Karate, baik Shiroite maupun perguruan lainnya.

“Baru kali ini, Walikota Depok Kyai Idris mau menghadiri pelantikan Shiroite, pemimpin sebelumnya tidak pernah mau hadir secara langsung seperti saat ini,” tandasnya. (tul/rd)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Fahmi Akbar