DKR Roy Soroti PPDB Jabar
Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok, Roy Pangharapan. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok mewanti-wanti kepada seluruh SMA dan SMK, agar mematuhi instruksi Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk memprioritaskan siswa miskin.

Ketua DKR Depok, Roy Pangharapan mengapresiasi dan menyambut baik sidak yang dilakukan Disdik Jabar bersama jajaran. Terlebih saat itu ditegaskan agar siswa miskin menjadi prioritas.

“Sidak mereka, jelas menjadi harapan. Karena dalam pernyataannya Kadisdik meminta agar para kepala SMA/SMK Negeri untuk memprioritaskan penerimaan siswa miskin,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, bahwa DKR akan memantau dengan baik pelaksanaan PPDB sesuai dari instruksi Disdik Jabar. Sehingga pihaknya mengajak masyarakat untuk mengawal bersama proses ini hingga usia.

“Mari pantau sama-sama. Kami membuka laporan dari masyarakat seluas-luasnya, jika ada temuan siswa miskin yang tidak dapat bersekolah,” tuturnya.

Memang sebelumnya, disampaikan Roy diketemukan salah satu dari keluarga relawan DKR yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), namun tidak bisa melanjutkan sekolah.

“Tentu mereka menjadi tangggung jawab organisasi. Tidak mungkin para relawan bisa membantu orang lain disaat anaknya tidak bisa bersekolah,” kata Roy.

Namun, ia memaklumi persoalan kemiskinan tidak dapat dirasakan bagi yang miliki kedudukan, sehingga tidak dapat memaksimalkan aturan karena tidak merasakan.

“Tapi jangan juga halangi kami perjuangkan hak-hak kami yang sudah dijamin konstitusi. Kami bukan mengemis. Kami tidak pernah mengganggu kepentingan orang yang mempunyai kedudukan,” pungkas Roy.  (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR