Smile Tebar Ikan Situ Rawa kalong
SEBAR IKAN: Walikota Depok, Mohammad Idris bersama Ketua Umum Smile, Irfan Januar dan Camat Cimanggis, Abdul Rahman, secara simbolis melakukan penaburan bibit ikan di kawasan Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Selasa (1/6). FOTO: LUTVIATUL FAUZIAH/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 500 kg ikan disebar di kawasan Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Selasa (1/6). Kegiatan ini merupakan program dari Sahabat Millenial (Smile) Depok, untuk menjaga dan mengenalkan destinasi wisata di Kota Depok.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Depok, Mohamad Idris mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Smile Depok.

“Kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila. Ini merupakan salah satu cinta, kedekatan dan meneladani Pancasila sebagai warga negara yang baik,” ucap Idris.

Sementara, Ketua Umum Smile Depok, Irfan Januar menyebutkan bahwa kegiatan penaburan benih ikan dan penanaman bibit pohon ini merupakan program sosial yang dilakukan oleh Smile.

“Hari ini, bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila, kami melakukan penyebaran ikan dan penanaman pohon di Situ Rawa Kalong,” terang Irfan.

Selain itu lanjut Irfan, dengan menebar 500 kg ikan juga bertujuan untuk mengenalkan destinasi wisata Situ Rawa Kalong kepada masyarakat Kota Depok. “Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak masyarakat untuk turut melestarikan Situ Rawa Kalong, dan kedepannya lebih dikenal masyarakat,” ungkapnya.

500 kg ikan yang disebar, di antaranya jenis ikan mujair, nila, patin hingga lele yang diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Tadi juga langsung diserbu oleh pemancing, tetapi kegiatan ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Karena kami bekerjasama dengan Pokdarwis dan komunitas Jarak,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan, Samsudin Alloy menjelaskan kegiatan ini akan dilakukan di beberapa Situ yang ada di Kota Depok. “Dalam waktu dekat kami akan lakukan penebaran ikan di Situ Cilangkap dan Situ Jatijajar. Tetapi kami masih berkoordinasi dengan Pokdarwis,” terangnya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini akan bisa digalangkan secara berkala dan Smile semakin bisa dikenal masyarakat.

“Semoga kegiatan yang kami lakukan tidak hanya berhenti sampai disini saja, tetapi dapat terus berlanjut dan bermanfaat untuk banyak orang,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis: Lutviatul Fauziah

Editor: M. Agung HR