disnaker kcd
KUNJUNGAN: Disnaker Kota Depok saat melakukan kunjungan ke KCD Pendidikan Wilayah 2 Jawa Barat, Kamis (10/6). IST

RADARDEPOK.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mengunjungi Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 2 Provinsi Jawa Barat, Kamis (10/6). Disnaker datang ingin mendorong adanya kerjasama antara SMK dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ataupun SMK dengan perusahaan.

Kepala Disnaker Kota Depok, Manto Djorgi mengatakan, pada Kamis (10/6) Disnaker melakukan kunjungan yang langsung diterima oleh Kepala KCD Pendidikan wilayah 2 Provinsi Jawa Barat, I Made Supriatna.

“Kami dari Depok berkunjung ke Bogor bersama dengan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Ketua Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (Hillsi), Ketua Forum Bursa Kerja Khusus (BKK), serta dengan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS),” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (11/6).

Manto menjelaskan, Disnaker dan Kepala Cabang Disdik sepakat untuk mendorong adanya kerjasama antara SMK dengan LPK, ataupun SMK dengan perusahan.

“Maka dari itu akan ada pelaksanaan tiga program di SMK dalam mendukungnya. Pertama pendidikan sistem ganda, kurikulum teaching factory, dan LSP atau sertifikasi profesi,” jelasnya.

Dia menambahkan, terkait teaching factory artinya model pembelajaran yang membawa suasana industri ke sekolah, sehingga sekolah bisa menghasilkan produk berkualitas industri. “Semoga dengan adanya upaya ini akan menjadikan lulusan SMK semakin memiliki peluang untuk kerja kedepannya,” ucap Manto.

Terpisah, Kepala KCD Pendidikan Wilayah 2 Provinsi Jawa Barat, I Made Supriatna mengatakan, Disnaker Kota Depok melakukan kunjungan yang berkaitan dengan kerjasama antara Disnaker dan KCD 2 dalam pelaksanaan pemecahan bersama lulusan SMK. “Setiap lulusan SMK diharapkan bisa siap pakai. Atau dalam bahasa lain adalah bisa kompeten sesuai dengan kompetensinya masing-masing,” tuturnya, Jumat (11/6).

Dia menambahkan, Disnaker Kota Depok nantinya akan menggandeng Apindo dan LPK Kota Depok, yang akan memberikan bantuan kepada SMK di Kota Depok.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

 Editor : Fahmi Akbar