pelatihan bank sampah cipayung
PEDULI : Sosialisasi pemilahan sampah kepada warga RW2 Kelurahan Tirtajaya. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TIRTAJAYA – Kelurahan Tirtajaya bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok secara aktif mengajak masyarakat di tingkat RW untuk memilah sampah secara mandiri dari rumah. Selain itu, juga menyalurkan sampah anorganik kepada bank sampah untuk mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

Lurah Tirtajaya, Mohamad Imron mengatakan, sampai saat ini, di Kelurahan Tirtajaya sudah ada 70 unit bank sampah. Tetapi, produktivitasnya diperlukan dorongan dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat.

“Memang perlu didorong supaya meningkat produktivitasnya. Bank sampah yang aktif itu contohnya di RW10, mengolah sisa makanan dan minyak sayur menjadi sabun, dan popok menjadi pot cantik,” ujarnya kepada Radar Depok, Rabu (9/6).

Dia menambahkan, pihaknya juga memberikan sosialisasi pemilahan sampah kepada masyarakat di empat RW, yakni RW2, 3, 4, dan 5. Tujuannya agar memberikan inspirasi bagi warga untuk terus mengurangi sampah dengan cara memilahnya dari rumah.

“Organik dan anorganik. Organik bisa dimanfaatkan untuk pupuk dan lainnya di rumah. Dan anorganik bisa disalurkan melalui bank sampah,” tandasnya. (rd/daf) 

 

Jurnalis : Daffa Saifullah

Editor : Pebri Mulya