lubang biopori pondok petir
POTONG PIPA : Pengurus RW12 Pondok Petir, sedang memotong paralon yang akan dimasukan ke dalam lubang biopori. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, bersama warga terus menggalakkan program pembuatan Lubang Resapan Biopori. Salah satu wilayah yang warganya antusias dalam menjalankan program ini adalah wilayah RW12.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Warga di Perumahan Villa Pamulang, RW12 Pondok Petir, bahu membahu dalam melubangi permukaan tanah di beberapa titik lokasi di wilayah teresebut.

Mereka sedang mempersiapkan pembuatan lubang biopori yang sedang digagas Pemerintah Kota Depok.

Kami ingin berparitsipasi untuk menyukseskan program ini,” ucap Ketua RW12 Pondok Petir, Kiswanto, Senin (7/6).

Untuk mempercepat proses pembuatan lubang biopori, pihaknya menggandeng seluruh Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan Agama, hingga warga. Dengan demikian, prosesnya akan lebih cepat.

Alhamdulillah kami sudah berhasil membuat 106 lubang biopori di wilayah kami,” tuturnya.

Pembuatan lubang resapan biopori terus berlanjut, menurutnya lubang biofori sangat penting, selain menjaga lingkungan juga dapat menyimpan cadangan air tanah.

Bertujuan agar air cepat meresap kedalam tanah, sehingga titik wilayah yang sering tergenang dan banjir cepat meresap. “saya sebagai ketua RW 12 akan menggerakan warga untuk terus membuat lubang resapan biopori dengan menggunakan media apa saja semisal, dengan potongan paralon yang tak terpakai atau kaleng kaleng, karena membuat LRB sangat mudah dan murah meriah,” harapnya. (*)

Editor : Junior Williandro