Ilustrasi Pelayanan di Kantor Imigrasi Depok
ILUSTRASI: Petugas Imigrasi Kelas II Non TPI Depok saat memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Pelayanan Imigrasi, Kawasan Boulevard GDC, beberapa waktu lalu. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Depok mencatat ada 736 Warga Negera Asing (WNA) yang ada di Kota Depok, jumlah tersebut terhitung per tanggal 31 Mei 2021.

Kabag Informasi Imigrasi Depok, Yuris Setiawan menerangkan dari seluruh jumlah yang tercatat, di antaranya mengantongi Izin Tinggal Sementara (ITAS) ada 489 WNA, untuk Izin Tinggal Tetap (ITAP) 247 WNA.

“Data tersebut setelah direkap secara menyeluruh pertanggal 31 Mei, jadi ini jumlah yang terbaru,” tutur Yuris kepada Radar Depok, Kamis (3/6).

Diungkapkan Yuris, bagi WNA yang masa izin tinggalnya habis, jika tidak patuh akan dikenakan denda yang besaran perharinya Rp1 juta. Hal itu jika WNA tidak melakukan perpanjangan izin tinggalnya selama 60 hari dari waktu izin tinggal habis.

“Jadi masa waktunya, yaitu 60 hari. Kalau masih di bawah 60 hari masih bisa denda, tapi kalau di atas 60 hari harus dideportasi,” ungkap Yuris.

Izin tinggal sementara pun bisa dilakukan perpanjangan, namun selama seluruh dokumen persyaratan dapat dilengkapi dan hanya terlambat melapor mengurus.

“Kalau begitu, masih memungkinkan untuk diberikan perpanjangan izin tinggalnya, tapi hanya selama di bawah 60 hari,” papar Yuris.

Terkait biaya perpanjangan, ditambahkan Yuris tentunya ada dan sesuai biaya perpanjangan izin tinggal yang dimiliki, ditambah lagi biaya beban sebesar Rp1 jt per hari apabila orang asing sudah lewat dari izin tinggal sementaranya. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR