wifi
FOKUS : Anak-anak di RW 6 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos tengah mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dengan memanfaatkan wifi gratis dari Pemerintah Kota Depok. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Tahun ajaran baru 2021, sudah dipastikan berlangsung secara daring (Online). Sayangnya, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang sudah dinikmati pelajar Depok via wifi 1.345 titik secara gratis, tak lagi bisa dinikmati. Kepastian ini merujuk, keluarnya surat dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terkait berakhirnya layanan koneksi internet PJJ.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, Wifi PJJ yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan atau kelurahan se-Kota Depok, akan segera dinonaktifkan. Layanan koneksi internet untuk PJJ murid sekolah ini berakhir pada (30/6).

“Proses penonaktifan dan dismantle (pencabutan perangkat) akan dilakukan secara bertahap di setiap lokasi, dengan seluruh beban biaya menjadi tanggung jawab dari penyedia,” tutur Sidik kepada Harian Radar Depok, Minggu (4/7).

Dia menjelaskan, bagi RW yang tetap memanfaatkan layanan Wifi secara mandiri, bisa langsung berkomunikasi dengan penyedia pada saat proses pencabutan. “Bisa berkomunikasi dengan penyedianya langsung, saat proses pencabutan,” tambahnya.

Saat dikonfirmasi ulang, Sidik mengungkapkan, keputusan penghentian layanan Wifi PJJ gratis ini, sesuai dengan rencana anggaran yang telah disetujui. “Sesuai dengan rencana anggaran yang telah disetujui,” jelasnya.

Terpisah, salah satu orangtua murid di Kelurahan Krukut, Limo Kota Depok, Lia Puspita menyangkan hal tersebut. Pasalnya, Wifi PJJ gratis sangatlah membantu masyarakat selama pembelajaran online berlangsung.

“Sangat disayangkan jika dicabut. Karena kalau pasang lagi kan biayanya juga lumayan. Padahal sangat membantu masyarakat di sini juga, kalau gak ada kuota bisa pakai Wifi gratis,” tuturnya.

Dia menyarankan kepada Pemkot Depok agar bisa kembali mengkaji ulang, serta memikirkan masyarakatnya. “PJJ diperpanjang, sedangkan fasilitasnya tidak dipenuhi. Kasihan kepada rakyat-rakyat kecil,” pungkasnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Radar Depok, Pemkot Depok telah memasang 1.345 titik per Kamis (25/3), serta ada sebanyak 200 titik Wifi PJJ yang belum terpasang. Sehingga jika diakumulasikan total Wifi PJJ di Kota Depok ada sebanyak 1.545 titik, yang akan dicabut.(dis/rd)

Tentang Pencabutan Wifi Gratis :

Diperentukan :

  • Pembelajaran Jarak Jauh

Waktu Non-Aktif Wifi PJJ:

  • Rabu, 30 Juni 2021

Alasan Pencabutan :

  • Sesuai dengan rencana anggaran yang disetujui

Titik Wifi PJJ Dicabut:

  • 63 Kelurahan atau 11 Kecamatan

Rincian :

  • 345 titik sudah terpasang
  • 200 titik mau dipasang

Mekanisme Pencabutan Wifi PJJ:

  • Dilakukan secara bertahap di setiap lokasi
  • Beban biaya pencabutan tanggungjawab penyedia jasa

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar