RADARDEPOK.COM – Setelah lulus SMA/SMK seseorang yang ingin meneruskan pendidikannya, kerap mempertimbangkan jurusan yang diinginkan, akreditasi jurusan dan universitas, serta kapasitas yang tersedia. Namun, kampus yang punya arsitektur menarik tentunya menjadi bonus.

Perguruan tinggi yang memiliki desain bangunan atau arsitektur unik tentunya memanjakan mata para mahasiswa. Ada 10 universitas di dunia yang punya bangunan dengan arsitektur paling menarik menurut Times Higher Education.

1. Weissman Art Museum, University of Minnesota, Amerika Serikat

Aktor di balik desain unik Weissman Art Collection, University of Minnesota adalah Frank Gehry. Dirinya juga merupakan arsitek yang merancang Guggenheim Museum di Bilbao dan Walt Disney Concert Hall di Los Angeles.

Bangunan museum ini memiliki dua sisi. Satu sisinya berdinding bata, menyatu dengan bangunan bersejarah di sekitar museum.

Pada sisi lain, bangunan dilapisi lembaran baja yang disikat khas Gehry. Bangunan pada sisi ini dirancang dengan gaya melengkung dan bsrsudut-sudut.

2. The Hive, Nanyang technological University Singapore

Mengapa dinamakan The Hive? Karena desain bangunan kampus ini menyerupai dan terinspirasi dari ‘bee hives’ atau sarang lebah.

Walau demikian, lucunya banyak yang menganggap bahwa arsitekturnya lebih mirip keranjang dim sum.

Bangunan Nanyang Technological University Singapore ini dirancang oleh Thomas Heatherwick. Idenya berasal dari metode pengajaran kelas terbalik di universitas tersebut. Maksudnya, mahasiswa menonton perkuliahan mereka secara online dan ke kampus untuk mempelajari lebih dalam basis diskusi.

3. Sharp Centre for Design, Ontario College of Art and Design, Kanada

Sharp Centre for Design tak hanya menjadi bangunan ikonik milik Ontario College of Art and Design, tetapi juga di kota Toronto.

Bangunan ini didirikan pada 2004 dengan bentuk menyerupai meja. Kakinya didirikan dari bahan baja berjumlah 12 buah dan berwarna cerah.

Desain tatakan mejanya sendiri dirancang dengan memakai ubin hitam dan putih. Bangunan menyerupai meja tersebut juga sangat kontras dengan bangunan di sebelahnya yang merupakan gedung tertua di Ontario College of Art and Design .

4. Kuggen Building, University of Gothenburg, Swedia

Kuggen Building mempunyai bentuk silinder. Gedung ini dirancang dengan teknologi terbaru konsep bangunan hijau.

Bangunan berwarna merah mencolok tersebut merupakan tempat bagi mahasiswa program magister jurusan Desain Game serta tempat untuk perpustakaan Chalmers.

Dalam bahasa Swedia, kata ‘kuggen’ berarti roda gigi. Maksudnya, bangunan ini mewakili hubungan antara dunia akademik dengan bidang komunikasi digital dan media yang terus dipelajari dalam gedung tersebut.

5. The La Trobe Institute for Molecular Science, La Trobe University Australia

The La Trobe Institute for Molecular Science dibuka pada 2013. Departemen ini merupakan bagian dari La Trobe University kampus area Melbuorne.

Sesuai dengan namanya, departemen tersebut bersesain struktur molekul. Jendela-jendelanya berbentuk menyerupai atom yang saling terhubung. Di samping itu, pilar-pilar bangunan dibentuk menyerupai huruf X dan Y yang merepresentasikan kromosom.

6. West Campus Union, Duke University, Amerika Serikat

Gedung universitas menyerupai kotak kaca ini bagaikan pintu gerbang modern antara arsitektur neo-Gothic dari bangunan yang asli dan ruang sosial mahasiswa.

Hal tersebut karena ketika West Campus Union di Duke University, North Carolina membutuhkan renovasi, rupanya para arsitek melakukan lebih dari sekedar mengembalikan desain asli tahun 1920-an.

7. The Diamond, Bangkok University, Thailand

Bangunan bernama The Diamond tersebut berbentuk seperti berlian yang tidak mengkristal. Rancangannya terinspirasi dari misi Bangkok University yang ingin membuka kreatvivitas yang melekat dalam diri mahasiswanya.

Bangunan dengan desain eksentrik ini sudah menjadi landmark tersendiri yang fungsinya sebagai gerbang masuk ke dalam kampus. Di dalamnya, banyak ruang lapang dan terang untuk belajar, ruang perkuliahan, studio, dan pusat inkubasi perangkat lunak.

8. UTS Business School, University of Technology Sydney, Australia

Di samping Weissman Art Museum, Guggenheim Museum, dan Walt Disney Concert Hall, Frank Gehry juga mendesain UTS Business School di University of Technology Sydney. Fakultas tersebut dibuka pada tahun 2015.

Para kritikus kala itu langsung membandingkan desain gedung ini dengan kantong kertas cokelat yang tergencet. Maka, Gubernur Jenderal Australia kala itu, Peter Cosgrove mengatakan, “Kantong kertas terjepit paling indah yang pernah saya lihat.”.

9. C13 building, Wrocław University of Science and Technology, Polandia

Gedung C13, Wrocław University of Science and Technology mempunyai desain modern yang membuatnya terlihat menonjol dari gedung-gedung klasik di sekitarnya.

Bangunan ini mempunyai motif lingkaran yang ditempatkan secara acak pada jendelanya. Sejarah universitasnya sendiri dimulai sejak tahun 1910 ketika didirikan sebagai Technische Hochschule Breslau oleh para ilmuan dan insinyur Jerman dan didukung Raja wilhelm II Kekaisaran Jerman.

10. Arts West Building, University of Melbourne, Australia

Fasad luar Arts West Building memiliki deretan sirip-sirip logam yang jika dilihat dari kejauhan, akan menampilkan gambar objek dan patung pilihan koleksi dari University of Melbourne.

Di dalamnya, terdapat ruang pengajaran khusus dengan suhu dan kontrol surya yang bisa diatur terlebih dulu. Sehingga, mahasiswa bisa melihat koleksi artefak kuno tanpa merusaknya.

Gedung modern ini juga menggabungkan bagian gedung fakultas yang usianya ebih tua, tetapi memperbaruinya dengan tangga bergaya Renaisans dan wallpaper dari Vivienne Westwood. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya