Vila Mutiara Cinere
DIBUKA : Pintu utama Perumahan Villa Mutiara Cinere Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo Kota Depok dibuka sementara pintu timur ditutup demi menekan akan pesebaran, Senin (5/7). FAHMI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, GROGOL – Perumahan Vila Mutiara Cinere, RW11, Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, gencar melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19. Diantaranya dengan memasang spanduk berisikan aturan penerapan 5 M, serta menutup akses pintu gerbang di bagian timur, dan hanya pintu gerbang bagian barat yang terbuka. Upaya ini dilakukan demi menekan akan pesebaran yang kini mencapai lebih dari 100 penghuni.

Ketua RW11 Grogol, Makmur Ali Siregar mengatakan, penutupan pintu gerbang guna meminimalisir warga luar perumahan untuk menggunakan jalan. Jadi, hanya di gerbang barat atau gerbang utama saja yang dibuka. Penutupan dimulai dari 3 Juni, hingga 20 Juli 2021 sesuai anjuran dari kecamatan, dan UPTD terkait.

“Ada sembilan RT dan semua memasang spanduk pencegahan Covid-19,” katanya kepada Harian Radar Depok, Senin (5/7).

Makmur menjelaskan, saat ini ada sekitar 100 lebih warganya yang terpapar Covid-19. Ada yang menjalani isolasi mandiri di rumah, maupun di rumah sakit. Dia juga menganjurkan warga untuk melapor jika ada keluarga atau tetangga yang terpapar Covid-19 tersebut.

Sesuai anjuran dari kecamatan, dan UPTD maka dibentuk Kampung Siaga Covid-19 (KSC). Dimana setiap RT memiliki satgas Covid-19, yang bertugas memonitor dan melakukan pengawasan bagi warganya. “Disinilah pentingnya untuk mengonfirmasikan jika ada warga yang terpapar. Sehingga memudahkan satgas dalam memberikan pertolongan, jadi tidak diam-diam saja bila terpapar,” jelasnya.

RW11 juga mendirikan posko Covid-19 di gerbang utama. Di posko ini, warga dapat menerima informasi terkait COVID-19. Posko dijaga oleh security, warga, Pokdar Kamtibmas, serta dari pihak TNI maupun kepolisian. “Kita juga akan mengadakan vaksin mandiri Covid-19, yang didukung sepenuhnya Polsek Cinere. Tapi belum tahu kapan, namun kami mendukung bantuan tersebut bagi warga kami,” beber Makmur.

Sementara, Lurah Grogol, Danudi Amin mengaku, pesebaran Covid-19 saat ini memang sudah diluar ekspetasi. Langsung drastis. Kendati demikian semua stakeholder mesti tenang dalam menghadapi pandemi. Semua wilayah juga sedang mengahadapi banyak kasus.

“Tidak hanya di Grogol, semua kelurahan juga. Warga saat ini harus peduli dengan lingkungan dan keluarga. Lebih baik di rumah saja,” singkatnya. (rd/hmi)

Jurnalis : Fahmi Akbar