Satgas covid DPUPR
MENINJAU : Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat melakukan kunjungan ke TPU Tapos, didampingi Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok turut membantu dalam penanganan kasus Covid-19. Ada sebanyak delapan Satuan Tugas (Satgas) DPUPR yang membantu prosesi pemakaman jenazah Covid-19, serta dua Satgas yang membantu pemasokan pengisian oksigen bagi Rumah Sakit (RS).

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, dikarenakan angka kematian dan positif Covid-19 sedang mengalami kenaikan, maka Satgas DPUPR diterjunkan langsung untuk membantu.

Bukan hanya armada truk yang di RSUD Depok saja, tapi kami juga ada satu armada yang digunakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk membantu RS yang kekurangan oksigen,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (9/7).

Dua armada truk yang digunakan, untuk membantu memasok oksigen masing-masing memiliki dua personel Satgas. “Jadi, total ada empat Satgas yang membantu untuk pemasokan oksigen,” jelasnya.

Lebih lanjut, ada sebanyak empat alat berat yang diperbantukan DPUPR untuk prosesi pemakaman jenazah Covid-19. Empat alat berat tersebut tersebar di dua pemakaman Covid-19, yaitu TPU Tapos dan TPU Pasir Putih.

Masing-masing alat berat memiliki dua personel Satgas. Sehingga total Satgas yang menggunakan alat berat ada sebanyak delapan orang,” jelasnya.

Dia mengaku, para personel Satgas DPUPR sudah sepekan masih stay disana. Hal tersebut dilakukan untuk membantu keadaan di TPU dan pemenuhan oksigen di RS.

Dadan mengingatkan kepada masyarakat agar selalu menjaga protokol kesehatan (prokes), sehingga pandemi Covid-19 bisa berakhir. “Harus ikuti prokes, Insya Allah nanti pandemi cepat berakhir,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, dirinya mengapresiasi seluruh petugas gali kubur serta pengurus makam yang sudah mengerahkan tenaga dan pikiran untuk orang lain.

Luar biasa kerja keras para pengurus makam yang harus selalu sigap memakai APD serta siap menerima semprotan disinfektan setiap saat,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro