MPLS SMK YAJ Cilodong
VIRTUAL: SMK YAJ Cilodong menggelar giat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). SMK YAJ CILODONG FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CILODONG – SMK YAJ Cilodong yang terletak di Jalan Arrido Kp. Sawah Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong menggelar giat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Virtual Tahun 2021, yang berlangsung 22-23 Juli 2021.

Ketua Pelaksana MPLS SMK YAJ Cilodong, Yusuf Zamzami Ation menuturkan, MPLS merupakan kegiatan awal sekolah yang ditujukan untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Hanya saja tahun ini MPLS digelar secara virtual.

“Sasaran kegiatan MPLS ini, yaitu peserta didik baru, para guru dan kepala sekolah, pengawas Pembina, serta orang tua peserta didik baru,” ungkap Yusuf kepada Radar Depok.

Diketahui, jumlah peserta didik baru yang sudah terdaftar 122 siswa. Yaitu terdiri dari Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 36 siswa, Kelas X Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 29 siswa, Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) 21 siswa, serta Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTP) 36 siswa.

Selain itu lanjut Yusuf, MPLS ini juga bertujuan mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. Misalnya terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana.

“Kemudian menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Lalu mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya,” ucap Yusuf didampingi Sekretaris Kegiatan, Irkham Kardiyanto.

Karena digelar virtual tempat pelaksanaan kegiatan diadakan di rumah masing-masing peserta didik, dan pelaksanaan sesuai jadwal MPLS dengan diawali Ikrar Siswa pada upacara pembukaan MPLS, Kamis (22/7).

“Pada giat MPLS ini, dapat menumbuhkan perilaku positif. Di antaranyan kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” harap Yusuf.

Program unggulan yang dimiliki SMK YAJ Cilodong, di antaranya beasiswa pendidikan hingga 70 persen, ujian berbasis gadget atau computer, tahfidzul Quran, menyediakan bursa kerja khusus, bekerjasama dengan berbagai perusahaan dan instansi, taklim kitab kuning, organisasi kesiswaan, 15 pilihan ekstrakurikuler, hingga pembiasaan keagamaan. (rd/gun)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR