MPLS SMKN 2 Depok
DIMULAI : Simbolis penyematan siswa peserta MPLS SMKN 2 Depok yang selama 4 hari dilangsungkan secara daring. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – SMKN 2 Depok mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara virtual untuk siswa kelas X di tahun pelajaran 2021/2022.

Dimana, dalam kegiatan yang diadakan dari Senin (19/07) sampai Jumat (23/07) tersebut, diikuti 432 siswa yang berasal dari enam jurusan di SMKN 2 Depok.

Wakil Kesiswaan SMKN 2 Depok, Mamah Mariyamah mengatakan, enam jurusan tersebut yakni, Teknik Pemanfaatan Energi Listrik, Teknik Audio Video, Tata Boga, Tata Busana, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, dan Teknik Komputer Jaringan.

“Kami melibatkan OSIS dan Poltar dalam pelaksanaannya, dan tentunya juga ada beberapa guru sebagai pemberi materi di MPLS,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (19/07).

Mamah menjelaskan, dihari pertama selain ada simbolis tanda penyematan MPLS, ada juga pemberian materi tentang Wawasan Wiyata Mandala dari Kepala SMKN 2 Kota Depok, Rochmatul Cholil.

Dihari kedua, materi yang disampaikan lebih banyak, yakni menjelaskan tentang tata tertib, tata krama, dan budaya sekolah, lalu ada juga tentang sekolah ramah anak sekaligus deklarasi anti kekerasan.

“Masih di hari kedua, ada juga pendidikan anti korupsi, pengenalan guru dan TU, serta penjelasan tentang Kurikulum 2013,” tuturnya.

Berlanjut dihari ketiga, ada pengenalan sarana dan prasarana sekolah, kesehatan reproduksi dan Covid-19, tata tertib berlalu lintas, dan sosialisasi jurusan.

“Ada juga penjelasan tentang pembelajaran melalui daring di rumah bersama orang tua, baik untuk siswa inklusi atau reguler,” tuturnya.

Dihari keempat ada pengenalan kegiatan ekstrakulikuler (ekskul) yang ada di SMKN 2 Depok. Dimana tiap ekskul sudah menyiapkan video demo mereka.

“Semua dilangsungkan secara virtual, dengan beberapa rekaman video,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Depok, Rochmatul Cholil menuturkan, MPLS yang diadakan pihaknya menyesuaikan dengan masa pandemi Covid-19. Jadi, semuanya digelar secara virtual. Hanya dihadiri perwakilan siswa, untuk simbolis penyematan siswa peserta MPLS.

“Semua kegiatan sekolah masih dilangsungkan secara daring, karena masih dalam masa pandemi Covid-19,” tuturnya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya