dinsos
BERI BANTUAN: Dinsos Kota Depok saat menyerahkan paket bantuan logistik untuk warga isoman di Kelurahan Tapos, beberapa waktu lalu. FOTO : LULU/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Tingginya angka pasien Covid-19 yang isolasi mandiri (Isoman) akibat terpapar Covid-19, membuat Dinas Sosial (Dinsos) bergerak. Sejak Senin (28/6) lalu hingga kemarin (5/7), akan memberikan bantuan kepada 624 pasien. Hal ini diberlakukan demi meringankan beban masyarakat dalam menjalan isolasi mandiri.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, Dinsos memang memberikan bantuan yang berisi sembako kepada pasien isolasi mandiri, yang berlangsung sejak (28/6). “Karena melihat semakin banyak yang melakukan isolasi mandiri, maka dari itu kamu beri bantuan,” tuturnya kepada Radar Depok, Senin (5/7).

Ada sebanyak 624 pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri telah menerima bantuan logistik dari Dinsos Kota Depok. “624 orang yang menerima tersebut merupakan data sejak (28/6) sampai Jumat (2/7), yang tersebar di 10 kelurahan,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Kota Depok, Tri Redjeki Handayani mengatakan, terkait bantuan logistik diberikan kepada warga isolasi mandiri yang dinyatakan positif Covid-19. Pengajuan dan pengambilan logistik bantuan melalui kelurahan, yang ditujukan ke Dinsos Depok.

“Permohonan dilampirkan dalam bentuk excel yang berisi dafa pasien isolasi mandiri (nama, alamat, nik, dan keterangan isolasi mandiri),” jelasnya.

Dia menjelaskan, bantuan logistik ini diprioritaskan bagi masyarakat yang tidak mampu atau miskin ataupun rentan miskin. “Kalau dari Dinsos, surat ajuan akan diverifikasi datanya dengan Picodep. Sekitar satu sampai dua hari bisa diambil logistik tersebut oleh kelurahan,” bebernya.

Menurut Kiki, bantuan ini akan terus dievaluasi ke depannya. Mengingat semakin banyaknya masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. “Serta perlu ditegaskan, bantuan tersebut diberikan per jiwa, bukan per KK,” pungkasnya.(dis/rd)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar