CV menarik 1

RADARDEPOK.COM – Curriculum Vitae (CV) menjadi senjata utama untuk mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar CV yang baik. Hal ini dilakukan agar CV milikmu berhasil menarik perhatian Human Resources (HR) perusahaan yang dilamar dari sekian banyak CV orang lain yang diterima.

Perhatikan panduan berikut ini yuk agar CV berhasil menarik!

1. Cukup Satu Lembar Saja

Mengingat banyaknya jumlah CV pelamar pekerjaan yang masuk, maka kamu cukup meringkas CV kamu dalam satu lembar. Dalam satu lembar ini, usahakan kamu telah memuat semua yang relevan terhadap pekerjaan yang kamu lamar dan menulis deskripsi singkat, padat, dan jelas untuk setiap bagian.

2. Template Professional yang Menarik

Template CV professional dengan desain yang bagus dan menarik sangat mudah ditemui di internet. Beberapa diantaranya gratis jadi kamu cukup mengganti isi dari template CV tersebut. Perlu diingat untuk menggunakan desain yang memudahkan HR untuk mengevaluasi CV milikmu ya, seperti struktur dan tulisan yang bisa terbaca jelas.

3. Perhatikan Format Menulis CV

Berikut ini urutan format CV yang wajib kamu tulis, Beauties.

  • Tuliskan nama dan kontak milikmu yang berisikan nama, nomor telepon aktif, alamat rumah, dan alamat email pada bagian atas.
  • Lalu, sebutkan latar belakang pendidikan terakhir dengan mencantumkan nama institusi dan tahun lulus.
  • Pada bagian pengalaman bekerja, sebutkan nama perusahaan sesuai dengan urutan waktu bekerja, posisimu, dan durasi (bulan dan tahun) bekerja di perusahaan tersebut. Jika kamu memiliki pengalaman magang, kamu bisa menulisnya pada bagian ini.
  • Pengalaman organisasi yang kamu ikuti selama kuliah bisa kamu cantumkan pada bagian terpisah. Sama seperti pengalaman bekerja, kamu juga perlu menjelaskan posisimu dalam organisasi dan apa saja yang kamu lakukan selama organisasi tersebut.
  • Kemampuan dan penghargaan bisa kamu sebutkan dengan menyebutkan hal – hal yang telah kamu capai serta tahun.

4. Mendeskripsikan Kemampuan dan Pengalaman yang Relevan

Jika kamu memiliki segudang pengalaman, kemampuan yang bersertifikasi, dan penghargaan, kamu bisa memilih beberapa yang paling relevan terhadap pekerjaan yang kamu lamar. Contohnya, kamu melamar menjadi untuk posisi marketing, maka kamu bisa mencantumkan pengalaman bekerja atau magang yang berhubungan denganmarketing, seperti magang di bagian sales & marketing, lalu jelaskan secara singkat kegiatan apa saja yang kamu lakukan pada posisi tersebut dengan poin – poin.

5. Cek Kesalahan Penulisan

Setelah kamu menulis semua komponen CV, baca ulang dan rapikan kalimat yang masih belum efektif, kata – kata yang masih salah tulis, serta kerapihan tampilan CV secara keseluruhan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya