Kelapa Ijo mahal
DIBURU MASYARAKAT : Pedagang Kelapa di Jalan Raya Bogor, Susanto bersama sang istri ketika menunjukan buah kelapa ijo yang harganya melambung tinggi. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tingginya kasus Covid 19 di Kota Depok, menyebabkan permintaan kelapa ijo di pasaran semakin meningkat. Pasalnya, air kelapa ijo dipercaya mampu mencegah virus covid 19, terlebih bagi pasien yang memilik penyakit komorbid (penyerta).

Imbasnya, harga kelapa ijo di pasaran membumbung tinggi, hingga dua kali lipat bahkan tiga kali lipat. Sebelumnya satu kelapa ijo seharga Rp13 sampai Rp15 ribu. Kini sudah mencapai Rp45 hingga Rp50 ribu.

“Permintaan banyak, jadi dari gudangnya juga suplay tidak seperti biasa. Pemesanan dikurangi karena harus suplay ke tempat lain juga,” kata Pedagang Kelapa Jalan Raya Bogor, Susanto saat dikonfirmasi, Jumat (9/7).

Dirinya menjelaskan, jika kenaikan harga kelapa ijo sudah terjadi satu bulan terakhir. Namun dengan kenaikan yang bertahap. Pertama kali naik Rp5 ribu, dari Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu. Selanjutnya, kenaikan kembali terjadi seharga Rp35 ribu tepatnya pada akhir Juni.

“Awal bulan Juli kenaikan langsung drastis, ada yang naik Rp10 ribu ada yang naik Rp15 ribu. Tergantung ambilnya dari mana, dari Bogor atau Sukabumi,” tambahnya.

Disampaikannya, jika masyarakat mempercayai khasiat minun air kelapa ijo dapat meningkatkan imun dalam tubuh sehingga dapat menahan penyebaran Covid-19.

Perburuan kelapa ijo ini berdampak pada sulitnya mendapatkan buah tersebut. Hal ini juga diakui Susanto, bahwa setiap bongkar muat, kelapa ijo hanya 50 sampai 70 butir.

“Itu pun di kirimnya nanti lagi, bisa satu bulan, bisa dua bulan. Jadi sekarang kelapa ijo saya sisa sekitar 10 butir lagi,” beber Susanto.

Dilokasi terpisah, Ahli Gizi, dr Maya Surjadjaja menerangkan jika manfaat air kelapa sangat banyak, terutama penyakit komorbid yang dapat memperparah virus Covid-19.

“Air kelapa muda dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, khususnya pada kaum senior (lansia) yang sering kurang minum hingga mengalami dehidrasi dan daya tahan tubuhnya menurun,” terang dr. Maya

Sementara itu, dari sekian banyak unsur yang ada di dalam air kelapa, ada yang namanya mineral potasium atau kalium. Pengidap hipertensi, orang yang ingin mencegah darah tinggi agar tidak terkena stroke, atau menghindari penyakit jantung koroner, umumnya memerlukan asupan kalium yang cukup.

“Tak hanya itu, kandungan lain dalam air kelapa, yaitu L-arginine, juga bermanfaat untuk penderita penyakit jantung atau untuk orang yang ingin mencegah penyakit kardiovaskular,” terangnya.

L-arginine adalah asam amino yang menghasilkan nitric oxide. Nitric oxide dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa memperbaiki aliran darah arteri ke jantung dan mencegah trombosis (penggumpalan darah). Selain itu, L-arginine dapat mengurangi radikal bebas. Dengan demikian, stres oksidatif di sel jantung bisa berkurang. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro