vaksinasi dapat uang
SERU : Warga RW 16 Kelurahan/Kecamatan Tapos menerima uang setelah melakukan vaksinasi. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TAPOS – RW 16 Kelurahan/Kecamatan Tapos punya cara unik untuk mengajak warganya mengikuti vaksinasi, yaitu dengan memberikan uang senilai Rp 50 ribu bagi warga yang mengikuti vaksinasi virus Korona (Covid-19).

“Ini sebenernya spontan saja, pengurus lingkungan bekerjasama dengan Karang Taruna (Katar) Unit RW 16. Dananya pun swadaya dari para pengurus, donatur dan masyarakat,” ucap Ketua RW 16 Tapos, Abdul Rohim kepada Radar Depok, Rabu (14/07).

Dirinya menyebutkan, sebenarnya uang yang diberikan bisa dikatakan untuk mengganti transport ke tempat vaksinasi serta untuk beli obat, karena dikhawatirkan warga merasakan demam setelah vaksin.

“Hingga kini sudah ada sekitar 50 orang yang kami vaksin. Sebenarnya mau kami berikan sembako, tetapi karena spontan jadi kami berikan uang tiap orangnya Rp 50 ribu,” jelasnya.

Terlebih, warganya mayoritas bekerja sebagai buruh yang bayarannya harian atau Mingguan. Sehingga, saat PPKM Darurat ini sangat berdampak sekali dalam hal ekonominya.

“Mereka banyak yang tidak bisa kerja karena PPKM, dan ke lokasi vaksin butuh bensin, sehingga kami berikan apresiasi walaupun tidak seberapa,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Katar Kelurahan Tapos, Agus Irawan yang didampingi anggota Katar Unit RW 16 Syaeful Bahri, menyebutkan hal ini merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat.

“Ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi warga agar mensukseskan program pemerintah melalui vaksinasi,” terangnya.

Terlebih, masih banyak masyarakat yang merasa takut untuk mengikuti vaksin, sehingga dengan diberikan apresiasi ini masyarakat menjadi senang.

“Apalagi masih ada pemberitaan yang tidak baik terhadap vaksin, sehingga masyarakat menjadi khawatir. Berdasarkan informasi yang saya tahu, baru di RW 16 Tapos saja yang melakukan hal seperti ini,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya